Pelajar Jurnalistik SMPN 12 Buat Majalah Sendiri

Pelajar Jurnalistik SMPN 12 Buat Majalah Sendiri
Pelajar Jurnalistik SMPN 12 Buat Majalah Sendiri
Posted by:

PALEMBANG – Para pelajar Jurnalistik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Palembang membuat majalah sekolah edisi perdana. Kegiatan ekskul jurnalistik yang baru berdiri ini, sudah bisa membuat majalah sendiri dengan bahan beberapa materi dari kegiatan di lingkungan SMPN 12 Palembang.
Kepala SMPN 12 Palembang Mgs A Fauzi SPd MM mengatakan semenjak didirikan ekskul jurnalistik tahun ini, anak-anak semakin percaya diri dan berani berkomunikasi. Apalagi ekskul jurnalistik dapat melatih bagaimana seseorang bisa pintar dalam membaca dan menulis berita. “Sebelumnya pada saat rapat lalu bersama guru pembina dan anggota jurnalistik, kami sepakat untuk membuat sebuah majalah sekolah sendiri. Dimana materi ini diambil dari kegiatan lingkungan SMPN 12 Palembang,” katanya.
Lanjutnya, pembuatan majalah SMPN 12 Palembang ini baru pertama kali dipublikasikan, lalu mengenai nama majalah tersebut diberi nama Gita News 12. Dalam pembuatan majalah ini akan direncanakan minimal 2 bulan sekali. Selama dua bulan ini para pelajar jurnalistik mereka diberikan waktu mencari tentang kegiatan sekolah, profil guru dan siswa berprestasi. “Jadi materi yang disajikan ini memang dari hasil karya siswa/i jurnalistik SMPN 12 Palembang,” jelasnya.
Sementara itu, Guru pembina jurnalistik Mgs Fisika Fikri mengatakan buat guru pembina sendiri ada 3 orang dan diikuti sebanyak 30 siswa/i, dimana ekskul jurnalistik ini dilakukan setiap jam pulang sekolah lebih tepatnya hari Rabu. “Dalam materi pembelajaran jurnalistik, ada beberapa kriteria seperti pengenalan tata bahasa 5W 1H, cara menulis berita mulai dari titik dan koma, hingga belajar desain photoshop,” katanya.
Walau ekskul jurnalistik ini baru berdiri, sebagai guru pembina sangat bersyukur karena berkat dukungan Kepala SMPN 12 Palembang, akhirnya siswa/i sudah bisa membuat majalah sendiri yang bernama Gita News 12. “Dimana isinya itu bermacam-macam antara lain berita kolom, opini, cerpen, galeri ekskul siswa dan guru, profil english zone dan motivasi,” jelasnya.
Ditambahkannya, September mendatang bakal ada perlombaan dari Kemendikbud tentang Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) tingkat SMP se-kota Palembang. “Sebelum mengikuti perlombaan jurnalistik, kita selaku pembina memberikan beberapa pembekalan pengetahuan dasar menulis jurnalistik maupun praktek mewawancarai,” tandasnya.
Salah satu ketua kelompok jurnalistik Arinda kelas 7 mengatakan selama mengikuti ekskul jurnalistik, dirinya banyak mendapatkan pengalaman menarik mulai dari mewawancarai guru, Kepala sekolah hingga para tamu yang datang. “Harapannya dengan ekskul jurnalistik, kami bisa membawa nama baik sekolah serta dapat menginfokan tentang kegiatan sekolah,” pungkasnya.(roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses