Pelayanan Dukcapil Masih Belum Maksimal

Pelayanan Dukcapil Masih Belum Maksimal

PALEMBANG- Wakil Wali Kota Paembang, Fitrianti Agustinda, Jumat (31/3/2017) melakukan inspeksi mendadak (sidak) kegiatan pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Palembang.

Sidak ini untuk memastikan pelayanan yang diberikan Dinas Dukcapil Kota Palembang, apakah sudah sesuai dengan standar yang diminta MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi),

Saat tiba di lokasi, Fitri langsung menerima sejumlah keluhan terkait pelayanan yang diberikan. Diantaranya keluhan terkait waktu pelayanan yang diberikan, sampai dengan sistem birokrasi yang masih membingungkan masyarakat.

“Sepertinya masih jauh dari harapan kita. Pelayanannya yang masih kurang. Seperti jumlah petugas dan sistem antreannya juga masih belum teratur,” jelas dia.

Fitri mengungkapkan, saat ini pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kota Palembang masih jauh dari harapan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Karena, masih hiruk pikuk dan tidak teratur.

“Meskipun saat ini pembinaannya sudah berada di bawah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), tetapi ini masih menjadi tanggung jawab kita agar lembaga ini dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat Kota Palembang. Kita itu sangat berharap, pelayanan di Dukcapil ini seperti di Perbankan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang kita miliki,” imbuhnya.

Selain itu, Finda juga berharap, Disdukcapil Kota Palembang dapat memberikan pelayanan dengan cepat sesuai dengan standar pelayanan. “Kita minta waktunya dapat dipercepat. Sehingga pelayanan ke masyarakat lebih optimal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Ali Subri melalui Sekretaris Dinas, Santi Zahara menyampaikan, apa yang dilakukan sudah sesuai dengan pembinaan yang dilakukan KemenPAN-RB.

“Kami harus mengubah loket pelayanan dari tertutup menjadi terbuka. Kemudian, harus menyiapkan ruang bermain anak dan ibu menyusui dan terakhir harus menyiapkan fasilitas bagi kaum difabel. Kemudian, dalam waktu satu bulan yang diberikan, kami sudah memperbaiki fasilitas pelayanan sudah dilakukan, bahkan fasilitas pendukung lainnya juga sudah dipenuhi,” ucapnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply