Pemilu 2019 Lebih Rumit

Pemilu 2019 Lebih Rumit
Posted by:

EMPAT LAWANG –
Pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2019 mendatang, tidak hanya dilaksanakan pemilihan anggota DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten saja, namun juga diserentakan dengan pelaksanaan pemilihan Presiden Republik Indonesia dan pemilihan anggota dewan perwakilan daerah (DPD). Oleh karena itu, petugas pelaksana, peserta dan para pengawas terpaksa bekerja ekstra.
“Saat berlangsungnya pemilu nanti, agak rumit karena akan banyak kotak. Karena pemilihan presiden akan dilaksanakan pada hari yang sama. Nanti, kawan-kawan parpol bersama kita akan begadang, karena proses penghitungan hasil pileg kabupaten terakhir dilakukan, karena perhitungan kita dulukan yang nasional,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Mobius Alhazan saat membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) pada pemilu 2019, yang dilaksanakan di kantor sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawang, Minggu (22/7/18).
Dikatakannya, pada pemilu 2019 akan berbeda dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) lalu yang masih mentolerir penggunaan KTP Elektronik (e-KTP) atau surat keterang (suket) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Namun pada pemilu 2019, KPU sudah menggunakan e-KTP atau Suket, terdaftar atau tidak di Daftar Pilih Tetap (DPT), harus memiliki e-KTP atau Suket, saat hendak memberikan hak pilih.
“Kalau pilkada lalu yang penting ada di DPT, e-KTP atau Suket menjadi acuan dan tidak menjadi bahan pertimbangan boleh atau tidaknya untuk dapat mencoblos. Karena di UU Nomor 7 tahun 2017 itu jelas sekali bahwa pada saat hari pencoblosan pemilih wajib membawa e-KTP,” ujarnya.
Untuk diketahui, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan DPSHP pada pemilu 2019 tersebut, diketahui jumlah DPSHP Kabupaten Empat Lawang, sebanyak 202.411 pemilih dengan total jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 931 unit. Ini artinya ada penambahan jumlah pemilih sebanyak 7.079 dari DPS Pilkada serentak lalu yang berjumlah 195.332.
Rincian per-Kecamatan antara lain, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) berjumlah 17.610 pemilih, Kecamatan Sikap Dalam sebanyak 13.883 pemilih, Kecamatan Talang Padang sebanyak 10.513 pemilih, Kecamatan Pendopo Barat (Pobar) sebanyak 9.804 pemilih, Kecamatan Ulu Musi sebanyak 15.691 pemilih.
Kemudian, Kecamatan Lintang Kanan sebanyak 23.801 pemilih, Kecamatan Tebing Tinggi sebanyak 38.436 pemilih, Kecamatan Muara Pinang sebanyak 27.623 pemilih, Kecamatan Saling sebanyak 11.731 pemilih dan Kecamatan Pendopo sebanyak 33.319 pemilih. (cw09)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses