Peminat MIN Melebihi Target

Peminat MIN Melebihi Target
Puluhan orang tua calon siswa PPDB MIN 1 Palembang terlihat menunggu anaknya untuk di seleksi. foto rangga/Palembang pos
Posted by:

PALEMBANG – Seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Palembang sudah dimulai sejak Selasa (12/04) dan berakhir Sabtu (16/04). Dari 90 kuota yang disediakan, ternyata yang telah mendaftar 270 orang.
Regulasi dari Kementerian Agama (Kemenag) pusat telah menginstruksikan bahwa sekolah Madrasah sudah bisa membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) mulai dari Maret sampai Juni. Kepala MIN 1 Palembang Fery Aguswijaya SAg mengatakan beberapa hari ini memang di MIN 1 Palembang sudah membuka menggelar seleksi PPDB buat tahun ajaran 2016.
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon siswa yaitu fotokopi Akta kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Ijazah TK/RA, surat keterangan masih aktif belajar, foto 3×4 sebanyak dua lembar. Serta usia anak minimal 5,8 tahun dan maksimal tujuh tahun pada 1 Juli 2015. “Tidak ketinggalan siswa harus bisa membaca Iqro atau berikan penampilan menarik terutama dalam membaca ayat suci Al Quran dan tata cara sholat. Jika sejak dini siswa memiliki kemampuan tersebut itu bisa menjadi nilai tambah untuk menjadi calon siswa di MIN Palembang,” katanya.
Untuk jumlah sendiri ada 270 yang mendaftar, lalu disaring kembali dengan seleksi umur jadi yang lolos jadi 227 calon siswa. Kemudian setelah mengikuti tes ini, pengumuman bisa dilihat Minggu tepatnya di blog atau melalui situs internet MIN 1 Palembang. “Untuk penerimaan ini kita ambil 90 siswa dan 18 siswa lagi cadangan, dengan 3 lokal kelas,” jelasnya.
Kenapa pihaknya sudah menggelar PPDB, soalnya dari Kementerian agama pusat dan kanwil sudah memberikan rekomendasi. Oleh sebab itu pihaknya langsung menggelar PPDB agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga tidak melebihi kuota. “Bukan di MIN saja PPDB digelar percepat, namun di MtSN dan MAN juga. Maksudnya dipercepat itu PPDB di Madrasah dulu baru di SD, SMP dan SMA/SMK,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Palembang H M Alfajri Zabidi MM MPdI mengatakan memang betul PPDB di MIN sudah dimulai. PPDB di Madrasah beda dengan sekolah di Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga (Disdikpora) kota Palembang. “Kita ikut sesuai instruksi dari pusat, PPDB ini lebih cepat dibandingkan sekolah lain, dengan begitu kapasitas penerimaan di MIN tidak melebihi kuota atau tidak terlalu banyak. Soalnya untuk MIN saja hanya ada dua madrasah, kalau swasta dan SD di kota kan banyak,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses