Pemkot Pagaralam Tambah 2 Kios e-Warung

Pemkot Pagaralam Tambah 2 Kios e-Warung
Sejumlah KPM di wilayah Kecamatan Dempo Selatan, mengantre menunggu giliran pengambilan dan pengaktifan KKS, belum lama ini. Foto Efvhan Palembang Pos
Posted by:

PAGARALAM – Hasil rapat koordinasi (Rakor) Dinas Sosial Kota Pagaralam di Jakarta, keberadaan kios e-Warung di Pagaralam ada 2 penambahan lagi. Semula terdapat 7 kios e-Warung tersebar di lima kecamatan se-Kota Pagaralam, kini menjadi 9 kios e-Warung. “Keberadaan kios e-Warung di Kota Pagaralam ada penambahan 2 kios e-Warung lagi. Yakni 1 untuk mengkaver daerah kawasan Gunung dan 1 lagi mengkaver di daerah Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara,” terang Kepala Dinsos Kota Pagaralam, H Sukman SE MM, melalui Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Herdiansyah SSTp, didampingi Kasi Penanganan Fakir Miskin, Hema Ovida SIp MM, Rabu (9/8).

Mengenai kios e-Warung Kube Kota Pagaralam lanjutnya, tersebar di lima kecamatan, dijelaskan Hema, antara lain di Kecamatan Pagaralam Selatan ada 2 kios, Warung Kuber Beringin Sakti dan Warung Kube Tanjung Agung.“Yakni Kecamatan Pagaralam Utara 2 kios e-Warung, yakni Warung Kube Selibar dan Warung Kube Sejahtera, Kecamatan Dempo Selatan 1 kios Warung Kube Muara Tenang, Kecamatan Dempo Tengah 1 kios Warung Kube Barokah dan Kecamatan Dempo Utara 1 kios, Warung Kube Agung Jarta,” terangnya.

Untuk penerima atau pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) yang bisa digunakan untuk melakukan pengambilan bantuan non tunai di e-Warung ujar Hema, mengacu dengan data tahun 2015 lalu. “Jumlah Kepala Keluarga (KK) Non Program Keluarga Harapan (PKH) lebih kurang 5.684 KK pemegang KKS,” terangnya. Lebih jauh kata Hema, dalam 1 kios e-Warung melayani minimal 500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Khusus KPM masuk di PKH sambungnya, sudah pasti memiliki KKS, sedangkan KPM pemegang KKS belum tentu mendapat PKH, karena PKH difokuskan ke masyarakat paling rentan kemiskinan.

“Kios e-Warung salahsatu wadah untuk penyaluran bantuan non tunai, sehingga diharap KPM pemegang KKS 90 persen bisa memiliki rekening, hingga datanya bisa lebih akurat pada Sistem Aplikasi Data Terpadu (Siskada), baik itu jumlah KK, anak, berapa penghasilan, semua itu bisa terkaver,” ucapnya. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses