Pengadaan Pupuk Subsidi Dimonopoli?

Pengadaan Pupuk Subsidi Dimonopoli?
Posted by:

Muara Enim, Palembang Pos,-
Pengadaan pupuk bersubsidi di Muara Enim terjadi monopoli? Soalnya, pengadaan hanya dilakukan dua perusahaan distributor ditunjuk PT Pusri. Padahal, sebelumnya ada beberapa perusahaan yang ditunjuk.
Kabid Perdagangan Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muara Enim, Ansori BSc membantah.
“Bukan monopoli, tetapi persyaratan yang ditetapkan PT Pusri bagi perusahaan yang ingin menjadi distributor, cukup ketat,” jelas Ansori, kemarin.
Menurutnya, perusahaan yang ingin menjadi distributor harus memberikan uang deposit kepada PT Pusri sebesar Rp500 juta.  Selain itu, perusahaan harus memiliki mobil angkutan dan gudang.
“Persyaratan inilah yang memberatkan perusahaan jika ingin menjadi distributor. Terutama uang deposit Rp 500 juta,’’ jelas Ansori.
Makanya, tahun lalu hanya 2 perusahaan yang mampu menjadi distributor pupuk. Yakni CV Iwan Jaya Tani dan CV Muhyi Tani. “Tahun ini, dua perusahaan ini lagi yang mengajukan permohonan menjadi distributor pupuk subsidi di Muara Enim kepada PT Pusri. Jika mereka tak memenuhi persaratan, tidak menutup kemungkinan bisa gugur,” jelasnya.
Dijelaskan Ansori, kebutuhan pupuk Muara Enim tahun ini belum diketahui. Karena kuota kebutuhan pupuk ditangani Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  (TPH) Muara Enim. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses