Pengawas Tak Punya Sertifikat, Segera Melapor

Pengawas Tak Punya Sertifikat, Segera Melapor
Salam perpisahan bagi para pengawas yang pensiun. Foto rangga,/palembang pos
Posted by:

PALEMBANG – Pengawas Sekolah salah satu elemen penting dalam memajukan dunia pendidikan. Atas perannya itu, setiap pengawas dibekali sertifikat yang memadai. Namun ada saja pengawas yang belum punya sertifikat, dan diminta untuk segera melapor untuk diikutkan pelatihan.
Berdasarkan Pasal 4 ayat (2) huruf b angka 4 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2011 disebutkan bahwa Batas Usia Pensiun PNS dapat diperpanjang sampai dengan 60 (enam puluh) tahun bagi PNS. Termasuk yang memangku jabatan Pengawas Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak atau jabatan lain yang sederajat.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) kota Palembang, melepas 7 orang pengawas sekolah yakni 3 SMP, 4 SMA dan SMK. Kabid SMP/SMA/SMK Drs Lukman Haris MSi mengatakan Rabu (13/1/2016), ada 7 orang pensiun pengawas sekolah. Jadi beberapa Kepala SMP/SMA/SMK diundang untuk memberikan penghargaan bagi 7 pengawas sekolah. Sebagai bukti bahwa Disdikpora serta sekolah mengucapkan terima kasih atas kinerja selama menjadi pengawas di sekolah. “Memang di umur 60 tahun sudah memasuki masa terakhir pengabdian pendidikan atau pensiun,” katanya.
Memang setiap orang pengawas memiliki sebuah sertifikat pengawas, namun ada beberapa belum memiliki sertifikat. Guna sertifikat sendiri sama dengan serifikat guru PNS sesuai dengan golongannya. “Maka dari itu kita menghimbau kepada pengawas yang belum memilki sertfikat, agar segera melaporkan untuk diikutkan pelatihan dalam mendapatkan sertfikat tersebut,” jelasnya.
Himbauannya, kepada 7 pengawas yang pensiun agar jangan memperbanyak pekerjaan tambahan, karena usia di 60 tahun harus memperbanyak dengan keluarga dan istirahat. “Jadi kami meminta agar kepada pengawas pensiun agar fokus beristirahat dulu,” ungkapnya.
Bagi pengawas sekolah yang masih aktif, diharapkan memiliki sertifikat sebagai pengawas sekolah. “Sertifikat mempunyai keuntungan tersendiri, karena sama dengan tunjangan gaji sama dengan guru di Pegawai Negeri Sipil (PNS),” tandasnya.
Kasubbag Kepegawaian Drs H Nasikhun MM mengatakan kegiatan ini adalah untuk melepas beberapa pengawas sekolah di kota Palembang khususnya SMP, SMA dan SMK yang sudah masuk dalam pensiun. Ada 7 pengawas masing-masing SMP ada 3 orang dan SMA/SMK ada 4 orang. Untuk pengganti pengawas sekolah belum ada. “Karenakan bisa dibantu oleh pengawas sekolah yang berada di sekitarnya, jadi untuk sekarang belum ada penggantinya,” katanya.
Sebetulnya menjadi pengawas sekolah, boleh saja diangkat oleh saja sekolah kalau sudah memiliki sertifikat, dari Lembaga kewenanggan seperti LPMP. “Sertifikat ini juga dibawah naungan kementrian, jika ada sertifikat pasti mempunyai profil dasar sebagai pengawas,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses