Penjual Batu Akik Bangkit Kembali

Penjual Batu Akik Bangkit Kembali
Leni, salah seorang pedagang batu akik di pasar Cinde menatap optimis tahun 2016 terjadi peningkatan lagi. Foto rangga/Palembang pos
Posted by:

PALEMBANG – Beberapa tahun lalu Batu Akik menjadi primadona bagi para penggemar pengkoleksi batu akik baik diremaja hiingga kalangan orang tua. Tahun 2015 mengalami penurunan, sekarang para pedagang optimis bisnis batu akik akan kembali meningkat.

Soalnya 2018, Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games, sehingga para pengunjung nantinya bakal banyak dan para penjual batu akik bangkit kembali. Salah satu penjual batu akik di Cinde Alak, asli Palembang yang tinggal di Kertapati ini, mengatakan jual batu akik ini sudah dua tahun, memang ditahun lalu sepi peminat batu akik, dibandingkan tahun sekarang atau 2016 bisa dikatakan puncak demam batu akik kembali.

Swal tahun 2016 memang tidak seramai seperti dahulu, akan tetapi para pencinta batu akik daerah sudah mulai turun kesini. “Pokoknya perlahan, yang penting lancar,” katanya.

Sejak mempersiapkan Asian Games 2018 ini, mulai adanya peningkatan orang daerah dan luar kota banyak mengunjungi pasar Cinde. “Pendapatan tahun 2015 bisa 100 sampai 150 Ribu, kalau ditahun 2016 ini meningkat sedikit jadi 200 sampai 300 ribu. Mungkin menjelang perayaan imlek nanti semakin banyak ke sini,” ungkapnya.

Paling dicari pecinta batu akik batu retak seribu, merah rubi, zamrud. “Harapannya  semoga ekonomi masyarakat maju kembali, dikarenakan karet semakin turun apalagi banyak PHK. Soalnya mempengaruhi kami sebagai penjual batu akik, mudah-mudahan pemerintah, tahun ini terutama saat 2018 bisa digalakkan lagi agar di Sumatera Selatan (Sumsel) ini dihidupkan lagi,” bebernya.

Sementara itu, penjual batu akik lainnya, Leni tinggal di Sekip mengatakan memang sejak bulan puasa kemarin sudah keliatan pembeli menurun, karena batu akik yang mahal dan ekonomi semakin turun. Sebab itu penjual batu akik sepi, ditambah lagi masyarakat Palembang banyak batu. “Tapi alhamdulilah 2016 naik lagi, walau tidak sebesar tahun lalu, karena ada persiapan Asian Games ini dirasakan banyak orang melihat kesini, mulai batu bacan dan batu yang berwarna bening sering dicari,” urainya.

Sekarang ini perekonomian di Indonesia melemah, bukan batu saja tapi penjual lain ikut imbas juga. Kedepannya lebih diangkat lagi oleh pemerintah dari kalangan atas sampai kalangan bawah, seperti Biru Langit, Lavender, biar bisa tahu batu itu asli Sumsel. “Tahun 2018 terdengar kabar kalau pedagang batu akik ini akan dilibatkan dalam memeriahkan di Asian Games. Semoga saja dengan hal itu bisa mengangkat para pecinta batu akik,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses