Penyakit Kulit, Ternak Kambing Mati

Penyakit Kulit,  Ternak Kambing Mati
Posted by:

Banyuasin, Palembang Pos,-
Ternak kambing yang dipelihara warga Desa Limau Kecamatan Sembawa, Banyuasin banyak mati. Penyebabnya, belum jelas namun warga menduga akibat penyakit kulit yang menjangkit sejak 3 bulan terakhir.
Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Limau, Muhammad Madina Alias Madina membenarkan, didusunnya banyak kambing terkena penyakit kulit, sejak tiga bulan ini.
“Kami tak tahu nama penyakitnya. Tahu-tahu, bulu-bulu kambing lama-lama rontok, dan kulit kambing mengelupas bercak-bercak merah, menjiijikan. Kami takutkan penyakit tersebut mewabah ke anak-anak,” ujar Madina, kemarin.
Madina  meyakini, penyakit gatal-gatal yang menimpa mereka akibat memakan daging kambing yang dipotong oleh warganya.
“Saya juga kena gatal-gatal mungkin setelah makan daging kambing yang yang kami potong itu. Lihat saja kulit tangan saya terjangkit gatal-gatal,” keluhnya.
Senada dikeluhkan, peternak kambing lainnya, Romlah (43). Kambingnya ada 5 ekor semuanya dikandangkan.  Awalnya, induk kambing menggaruk-garuk kepala kedinding kandang. Lantas seminggu kemudian, bulu-bulu kambingnya rontok sampai kaki induknya.
“Induk kambingnya ada 3 ekor semuanya terjangkit penyakit kulit. Kini anaknya juga mulai kena dengan tanda-tanda sama seperti indukannya, kulitnya rontok,” ujar Romlah.

Senada dikatakan, Kartiwa (30) mengeluhkan penyakit kulit yang dideritanya. Hampir seluruh kulit tubuhnya terasa gatal-gatal. Kini mulai menjangkiti anaknya Napisa, usia dua bulan. Terlihat kulitnya juga memerah mungkin akibat penyakit yang ditularkan kambing yang diliarkan oleh tetangganya.          
“Kita khawatirkan penyebarannya sudah sampai ke manusia. Apalagi anak-anak, karena kambing juga diliarkan dan mencari makan didekat rumah,” pungkasnya. (far)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses