Penyelenggaraan Ujian SD Tidak Serentak

Penyelenggaraan Ujian SD Tidak Serentak
Mendikbud menyambangi para peserta ujian utama SDN 23 Palembang. foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) Anies Baswedan memantau pelaksanaan Ujian Utama ditingkat Sekolah Dasar (SD) yakni SDN 23 Palembang dan Sekolah Dasar Negeri 30 Palembang. Dirinya mengawasi ujian tersebut yang sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah Daerah.
Pargelaran Ujian Nasional di SMP dan SMA sederajat diselenggarakan serentak. Lain halnya di tingkat SD penyelenggaraan tidak serentak, karena dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing. Oleh sebab itu semua soal dibuat secara penuh oleh pemerintah daerahnya.
Mendikbud Anies mengatakan pelaksaan Ujian Utama di SD kota Palembang sudah siap sebagaimana mestinya. Dari pantauan yang dilakukannya, Anies mengatakan, ujian akhir untuk tingkat Sekolah Dasar ini berbeda jika dibandingkan ujian pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Kalau ujian pada SMP dan SMA kan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dan itu bentuknya Ujian Nasional. Kalau untuk tingkat SD, diselenggarakan oleh pemerintah daerah masing-masing, sehingga penuh semua soal dibuat oleh pemerintah daerah,” katanya.
Karena diselenggarakan di daerah, maka setiap daerah satu dan lainnya berbeda waktu pelaksanaannya. “Seperti Jawa Barat belum dilaksanakan hari ini. Tapi Jakarta dan Sumatra Selatan sudah dilaksanakan hari ini. Daerah lain juga begitu. Jadi memang pelaksanaannya berbeda-beda, tergantung kebijakan daerah itu sendiri,” jelasnya.
Sementara itu, sesuai dengan slogan pengumuman di depan pintu ujian ‘Dilarang masuk selain peserta ujian dan pengawas’, pihaknya hanya melihat siswa mengerjakan ujian utama dari depan pintu ruang ujian. “Ini yang seringkali jadi kesalahan. Pejabat-pejabat biasanya memasuki ruangan, padahal jelas dalam aturannya, siapapun itu tidak boleh masuk kecuali pengawas ujian dan siswa sendiri,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses