Perampok Tembak Kepala Sopir Bus

Perampok Tembak Kepala Sopir Bus
Ilustrasi. Foto: JPNN
Posted by:

KAYUAGUNG – Malang nasib sang sopir bus jurusan Tulung Selapan – Palembang, Eddy Ilham (55), warga Desa Selapan Ulu, Kecamatan Tulung Selapan, OKI. Dirinya ditembak oleh kawanan perampok bersenpi, hingga mengenai bagian atas kepalanya. Beruntung, peluru hanya menyerempet tipis, hingga dirinya tak mengalami luka serius.

Penembakan itu terjadi di Jalan perbatasan antara Desa air Rumbai, dengan Air Pedaro, Kecamatan Pangkalan Lampam, OKI, sekitar pukul 07.30 WIB, Kamis (19/5). Informasinya, berawal saat korban membawa 15 penumpang dari arah Tulung Selapan menuju Palembang. Saat melintas di lokasi kejadian, terdengar suara letusan.

Ternyata sebuah tembakan dari arah kanan jalan menembus jendela bus tersebut. Tak hanya menembus jendela, ternyata peluru juga mengenai bagian atas kepala korban. Korban yang ketakutan terus menggeber mobilnya hingga ke Desa Rambai, Pangkalan Lampam, meminta pertolongan warga.

“Dugaannya perampokan, karena memang di kawasan tersebut cukup rawan. Apalagi daerah itu juga sepi dan jalannya juga rusak,” ungkap Kapolsek Pangkalan Lampan Ipda Ganda Manik, dikonfirmasi wartawan Kamis (19/05).

Sambungnya, mendapat informasi itu aparat langsung melakukan olah tempat kejadian perkara, dan menggali keterangan saksi. “Untuk kondisi korban masih sadar, hanya mengalami luka di kepala saja. Tadi katanya mau berobat ke Palembang dahulu,” ucapnya lagi.

Untuk dugaan lain, lanjut dia, masih dalam penyelidikan. Termasuk apakah korban memiliki musuh yang kemungkinan dendam. “Mungkin perampokan karena memang rawan. Kalau musuh, korban mengaku tidak ada, tapi  kita masih lakukan penyelidikan. Korban juga kita arahkan untuk melapor setelah berobat,” ucapnya.

Kejadian perampokan dengan motif dan lokasi yang sama, sebelumnya pernah terjadi terhadap Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) bus merk Markas nopol 7374 AC jurusan Tulung Selapan – Palembang, yang terjadi Senin (30/03/2015), pukul 07.30 WIB, di Jalan Poros Desa Air Rumbai, dengan Air Pedaro, Kecamatan Pangkalan Lampam, menewaskan sopir Bus bernama Tirka Wiria alias Ayik bin Abdul Kadir (40), warga Sungutan Penanggoan Duren, Kecamatan Tulung Selapan. Dimana, Ayik tewas ditembak pelaku dibagian kepalanya.

Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), bus yang dalam kondisi berjalan ditembaki pelaku dari kebun karet sebelah kanan dan mengenai dada kiri sopir. Kemudian kendaraan berhenti dan 5 orang pelaku langsung masuk mobil dan menembak sopir di bagian kepala, dan pelaku lainnya menembak penumpang yang duduk di sebelah kiri sopir.

Selanjutnya para pelaku mengambil barang-barang milik penumpang, kemudian melarikan diri ke arah perkebunan karet. Aksi perampokan yang membuat heboh masyarakat ini akhirnya dilaporkan ke Polsubsektor Pangkalan Lampam. Polisi yang mendapat laporan kemudian tiba di lokasi dan berupaya mengejar pelaku. Namun sayang usaha tersebut sia-sia karena tidak satupun pelaku ditemukan. Sedangkan sopir kendaraan Bus yang ditembak, nyawanya tidak tertolong lagi.

Berselang sekitar tiga bulan, (17/6/2015) jajaran Polres OKI berhasil menangkap salah satu pelaku yang diketahui bernama Kulup (30). Namun sebelum ditangkap polisi, tersangka yang dihantui rasa ketakutan itu nekat menembak bahunya sendiri ketika berupaya kabur saat digerebek di rumahnya di Desa Bukit Batu, Kecamatan Pangkalan Lampam, OKI, sehingga harus menjalani perawatan di RSMH Palembang. (Jem)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses