Perbaiki Transaksi Dagang Bersama SRC

Perbaiki Transaksi Dagang Bersama SRC
Suasana di SRC Expo di Palembang Trade Center, Sabtu (10/11/2018). Di provinsi Sumsel, sebanyak 2.500 toko retail tradisional sudah menjadi bagian dari SRC dan dibina oleh Sampoerna secara berkelanjutan.
Posted by:

 

PALEMBANG- PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersama komunitas retail binaannya ‘Sampoerna Retail Community (SRC)’  menggelar kegiatan “SRC Expo” untuk menginspirasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumatera Selatan agar lebih kreatif, mandiri, dan memiliki daya saing yang tinggi. Untuk itu, beberapa pelaku ritel berupanya memperbaiki sistem dagangnya bersama SRC.

 

Di tengah iklim perkembangan UKM yang sangat kondusif, sinergi antara pihak pemerintah dan sektor swasta dalam mengembangkan UKM di Indonesia menjadi sangat krusial, mengingat potensi sektor ini yang luar biasa untuk dikembangkan.

Seperti yang diungkapkan,  Budi Lubis pemilik SRC Radja Cell yang berada di area Palembang Raya ini yang sebelumnya adalah pedagang sayur keliling yang beranjak memiliki toko manisan (retail). “Semenjak bergabung dengan Sampoerna Retail Community (SRC) empat tahun silam, usaha saya kian maju. Dan kini saya memperdayakan 55 toko retail tradisional lainnya yang juga tergabung dalam SRC di area Palembang Raya. Dengan system perdagangan yang rapi dan terdata, ini yang kita suka dari pembinaan dari SRC,” papar Budi.

Begitu juga yang diungkapkan, Rudi Yanto  pemilik Toko SRC Adit, pria yangdulunya berpofesi sebagai tukang kebun ini  kini telah memiliki toko retail di Jalan Indralaya. Seiring itu, adapun Sugeng Hardono pemilik toko SRC Sugeng yang kini juga telah banting setir dari karyawan swasta menjadi berwirausaha. Toko miliknya (“SRC Sugeng”) yang berlokasi di Lr. Sukorejo telah bergabung dengan SRC sejak dua tahun lalu dan terus berkembang hingga sekarang.

Sementara itu, Kepala Wilayah Sumatera Selatan Sampoerna, Rianto Probo Hartono, meyakini bahwa dengan semakin majunya para pelaku UKM, maka roda perekonomian daerah setempat pun akan bergulir dengan lebih cepat pula.

”Pemberdayaan UKM merupakan upaya Sampoerna dalam mendukung pemerintah untuk mengakselerasi kemandirian ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah. Semangat ini kami tuangkan dalam payung program perusahaan yaitu ‘Sampoerna untuk Indonesia,” ujar Rianto.

Selain itu, sejalan dengan komitmen tersebut pihaknya juga menyelenggarakan SRC Expo yang ditujukan bagi mitra retail binaan kami di Sumatera Selatan. Acara ini bertujuan menjangkau lebih banyak pelaku UKM, menggali potensi mereka, dan membuka akses terhadap berbagai peluang bisnis lainnya.

Program ‘Sampoerna untuk Indonesia’ menggunakan pendekatan keberlanjutan dalam bentuk pembangunan kapabilitas yang terintegrasi dalam memberdayakan UKM.

“Program ini berfokus pada dua sektor, yaitu peretail tradisional melalui Sampoerna Retail Community (SRC) dan wirausaha lainnya melalui Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna. Sekitar 100.000 mitra dagang dan pelaku UKM telah bergabung sejak 2007,” pungkasnya.  (nik)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses