Perkenalkan Safety Riding kepada Usia Dini

Perkenalkan Safety Riding  kepada Usia Dini
Posted by:

 

 

LUBUKLINGGAU – Sat Lantas Polres Lubukinggau, memperkenalkan cara berkendara yang nyaman dan aman, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lain (safety riding) kepada usia dini. Hal itu diharapkan agar disiplin berlalu lintas dapat tumbuh sejak dini.

Kanit Dikyasa, Iptu Jhony Mulyadi, mengatakan bahwa sosialisasi safety riding diberikan tidak hanya dalam bentuk teori. Tetapi anak usia dini (pelajar) juga diajak mengenal safety riding secara langsung.

Mulai dari simulasi yang dilakukan di Taman Lalu Lintas Dharma Ksatria Polres Lubuklinggau, hingga terjun langsung ke jalan raya. “Anak-anak tidak hanya kita berikan teori, tetapi juga mempraktekan secara langsung teori yang diberikan,” jelas Jhony.

Sementara itu pantauan di lapangan, ada pertanyaan dan jawaban yang menggelitik dari pelajar salah satu SD swasta disini. Dimana saat anggota lantas menjelaskan bagaimana harusnya berkendara di persimpangan yang ada keterangan belok kiri/kanan boleh langsung, pengendara harus tetap memperhatikan rambu-rambu lampu lalu lintas (traffic light). “Bila lampunya merah tetap harus berhenti,” terangnya.

Salah satu pelajar SD yang mengikuti sosialisasi tersebut spontan melontarkan pertanyaan. “Kalau gak ada lampunya gimana pak,” tanya si anak dengan polos. Mendengar pertanyaan tersebut, anggota kemudian menjelaskan dengan bahasa sederhana agar muda dipahami. “Kalau ada tulisan seperti itu biasanya ada lampunya,” ujarnya.

Selanjutnya sejumlah pelajar SD ini diajak untuk mensimulasikan teori yang telah disampaikan ke Taman Lalu Lintas di Polres Lubuklinggau. Kemudian sejumlah pelajar ini dibawa berkeliling menggunakan mobil patroli untuk mengenal angsung rambu-rambu di jalan raya. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses