Perketat Pengamanan di Daerah Rawan

Perketat Pengamanan di Daerah Rawan
Posted by:

Kayuagung, Palembang Pos.–
Berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan, hampir disemua kabupaten kota di Sumsel terdapat wilayah-wilayah yang rawan terjadinya kecurangan saat pemilihan legilatif 9 April mendatang. Untuk itu, aparat akan memperketat pengamanan di daerah rawan tersebut.
Kabag Ops Polres OKI Kompol Yulianto menyebutkan, ada 4 Kecamatan di OKI yang rawan terjadi kecurangan karena terdiri dari wilayah perairan. Empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cengal, Sungai Menang, Air Sugihan dan Tulung Selapan dan lainnya.
Untuk pengamaman Pileg nanti pihaknya akan mengerahkan 2/3 atau sebanyak 470 personil untuk  ditempatkan di seluruh TPS dan PPK. “Selain itu kita juga di beck up juga Personil dari Polda Sumsel  Brimob sebanyak 60 personil, personil Polda 200 personil dan TNI 100 personil, jadi semua personil yang akan mengamankan Pileg  di OKI berjumlah 700 personil,” jelasnya.
Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten OKU. Didaerah ini juga terdapat wilayah yang rawan kecurangan yakni didaerah perbukitan seperti Lengkiti, Sosoh Buay Rayap dan Semidang Aji. Dengan kondisi tersebut, pihak kepolisian bakal melakukan pengamanan lebih ketat guna menghindari konflik kepentingan. ”Kita bakal menyiagakan satu personil untuk satu tempat pemungutan suara (TPS). Mereka akan kami siagakan satu hari sebelum hari pelaksanaan,” kata Kapolres OKU, AKBP Mulyadi SIk MH usai apel siaga persiapan Pemilu 2014, di Halaman Kantor Pemkab OKU, Selasa (4/2).
Sementara itu untuk pengamanan pileg di Kabupaten Muba, Polres Muba akan menyiagakan 3.566 personil gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, dan Linmas. “Personil gabungan disiapkan untuk menjaga keamanan Pemilu, baik legeslatif maupun presiden. Jumlah personil gabungan yakni 3.566 dengan rincian 561 personil Polri, 31 TNI, dan 2.974 Linmas,” ujar Kapolres Muba, AKBP Iskandar F Sutisna, saat dibicangi usai memimpin Apel Konsolidasi Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2014 dalam rangka pengamanan Pemilu 2014, di Halaman Mapolresta Muba, kemarin.
Berdasarkan instruksi dari Mabes Polri, lanjutnya, sudah disiapkan pola-pola pengamanan, terutama pada titik rawan yang ada di Kabupaten Muba. Dimana pola tersebut terbagi tiga yakni pola aman, rawan 1 dan rawan 2. “Untuk saat ini, secara umum kita lihat di Kabupaten Muba masuk dalam kategori aman,” katanya.
Meskipun begitu, dia mengakui, di Kabupaten Muba terdapat beberapa daerah yang dinilai rawan dan harus mendapatkan perhatian, seperti di daerah perbatasan dan perairan yang jauh dan sulit dijangkau. “Selain itu juga terdapat dua daerah rawan kriminalitas yakni di Kecamatan Sungai Lilin dan Bayung Lincir. Jadi, potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dan harus diantisipasi sejak dini,” terangnya.(Cr04/len/omi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses