Permintaan Meningkat, Stok Terbatas

Permintaan Meningkat, Stok Terbatas
Fery, pedagang daging sapi di Pasar Cinde. Foto: Poetra Palembang Pos
Posted by:

BANYAKNYA akal-akalan oknum pedagang daging nakal yang kerap mencampur daging sapi dengan daging celeng nampaknya tak perlu dikhawatirkan di Pasar Cinde Palembang.

Pasalnya, para pedagang daging di Cinde menjamin keaslian daging sapi jualannya. ”Wah itu (dagang daging celeng,Red) cara yang salah dan sangat merugikan. Bukan masyarakat saja yang kena dampaknya, kamipun demikian, pembeli jadi sepi dan takut beli daging dagangan kami,” jelas Ferry, salah seorang pedagang daging di Pasar Cinde.

Menurut Ferry pasaran harga daging selama bulan ramadan tak jauh berbeda dengan hari biasa cuma agak tinggi sedikit.”Harga daging sapi saat ini, masih cukup tinggi dan cenderung naik dari Rp 95 ribu pada sepekan sebelumnya. Harganya kini telah mencapai Rp140 ribu perkg,” ujar Ferry.

Ferry menuturkan, lonjakan harga daging sapi sekarang ini dinilai sudah keterlaluan sehingga diharapkan pemerintah daerah setempat segera bertindak untuk meredam pergerakan naiknya harga salah satu kebutuhan pokok itu dengan melakukan operasi pasar daging sapi secara besar-besaran.

Kondisi tersebut sambung Ferry, tidak boleh dibiarkan semakin parah karena bisa menimbulkan masalah baru bagi pemenuhan gizi masyarakat dan berbagai permasalahan sosial.

Sebelumnya Feryi mengaku, di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, memasuki bulan Ramadan, seperti biasanya permintaan daging sapi mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya.

“Permintaan masyarakat sekarang ini mengalami peningkatan hingga 50 persen lebih, sementara pasokan daging sapi sekarang ini tidak mengalami penambahan berarti,” ujar Ferry.

Dia menambahkan, setiap hari bisa menjual daging sapi sekitar 200 kilogram atau dua ekor sapi, sementara permintaan masyarakat sekarang bisa mencapai lebih dari 300 kg perhari.

Tingginya permintaan tersebut kata Ferry, tidak seimbang dengan persediaan atau pasokan daging sapi di pasaran, sehingga mengakibatkan harga jual mengalami lonjakan.

”Namun meskipun tak seimbang, tentunya pedagang sapi dipasar Cinde selalu saling menjaga, dan mengingatkan agar tak terpengaruh dengan lonjakan permintaan tersebut untuk berbuat curang, termasuk mengoplos daging celeng dengan sapi guna menambah stok daging,” pungkasnya. (vot)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses