Pertahankan Ketangguhan dan Mesin Super

Pertahankan Ketangguhan dan Mesin Super
Posted by:

PALEMBANG- All New Mitsubishi Pajero Sport versi baru yang merupakan generasi terbaru dari SUV legendaris, Mitsubishi Pajero Sport. Ketika mendengar nama Pajero Sport, tentunya kita pasti terbayang akan sosok mobil SUV yang powerful berbalut tampilan mewah khas Mitsubishi. Selainitu, adanya body yang garang hinga terkesan tangguh dan mesin yang super siap disegala medan.
Nah kali ini, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini tetap mengusung konsep desain mewah nan elegan dengan sentuhan baru yang membuatnya lebih sporty. Pastinya Mitsubishi tetap mengusung teknologi mesin yang menjamin performa tangguh dan bertenaga. Apabila New Triton dihadirkan untuk menggempur Nissan Navara dan Ford Ranger di segmen pikap multifungsi, maka All New Mitsubishi Pajero Sport ini hadir untuk menantang saingan utama Mitsubishi di kelas SUV, yakni Toyota Fortuner.
“Pada generasi sebelumnya, New Mitsubishi Pajero Sport tetap menyasar konsumen kalangan atas yang menyukai mobil berukuran besar dengan performa mesin aduhai. Pada segmen SUV nama Pajero Sport memang sudah melegenda,” ujar Kepala Cabang PT Berlian Maju Motor Perintis, Alex Mardinus Fadhil.
Dengan nama besar Pajero Sport itulah Mitsubishi mencoba meramu komposisi terbaik dalam All New Mitsubishi Pajero Sport ini. New Pajero Sport kali ini hadir dalam lima pilihan tipe, hampir sama dengan New Strada Triton.
Alex menambahkan, tipe-tipe New Pajero Sport itu antara lain Pajero Sport Dakar, Pajero Sport Exceed, Pajero Sport GLS, Pajero Sport GLX, serta satu unit yang bermesin bensin, yakni Pajero Sport V6. Untuk New Mitsubishi Pajero Sport versi diesel, pabrikan asal Jepang itu masih mengusung mesin DOHC 2.5 liter 5 silinder yang memiliki kubikasi sebesar 2.500 cc. Sedangkan satu-satunya tipe bensin Pajero Sport V6 menggunakan jantung mesin V6 3.0L SOHC MIVEC yang memiliki kubikasi sebesar 2.988 cc.
Meski basis mesinnya sama, kedua tipe mesin yang tertanam pada New Mitsubishi Pajero Sport ini pada dasarnya memiliki power yang tak terpaut jauh. Nah untuk mengetahui seberapa tangguh dan bagaimana kemewahan mobil ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Mitsubishi Pajero Sport pada segmen-segmen di bawah ini.
Sebagai kendaraan tipe SUV, spesifikasi Pajero Sport pada bagian bodi pastinya memiliki dimensi yang sangat besar. Secara spesifik, panjang semua tipe New Pajero Sport ini mencapai 4.695 mm dengan lebar body mencapai 1.815 mm dan ukuran tingginya bervariasi, tergantung tipenya. Untuk New Mitsubishi Pajero Sport tipe GLS, Exceed, serta Dakar, tinggi bodinya mencapai 1.840 mm. Sementara untuk tipe V6 yang bermesin bensin, tingginya mencapai sekitar 1.825 mm, dan untuk tipe GLX tingginya mencapai 1.800 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau jarak wheel base semua tipe mencapai 2.800 mm.
“Untuk ukuran mobil tipe SUV, dimensi bodi Pajero Sport memang termasuk yang paling besar, namun dengan dimensinya yang besar tersebut akan membuat Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki ‘tongkrongan’ yang mantap dan siap untuk diajak melibas segala kondisi jalan,” ternagnya. Lanjut Alex, dimensi besar yang dimiliki oleh New Pajero Sport ini juga akan membuat Anda memiliki ruang yang cukup untuk penumpang maupun barang. Namun normalnya, New Mitsubishi Pajero Sport ini pas untuk tujuh orang penumpang.
Dimensi besar pastinya butuh sokongan suspensi yang kokoh pula. Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya, Pajero Sport terbaru ini dibekali dengan sistem suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring yang telah dilengkapi dengan stabilizer pada suspensi depannya. Sementara untuk suspensi Mitsubishi Pajero Sport bagian belakang, menggunakan sistem tiga unit pegas terintegrasi dengan stabilizer bar.
Kombinasi suspensi depan dan belakang ini akan memberikan kenyamanan maksimal pada penumpang. Sementara untuk sektor kaki-kaki, spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport dibekali dengan velg ring 17 dibalut ban berukuran 265/65 yang akan memberikan cengkeraman maksimal saat melaju kencang.
Selain itu, untuk masalah lainnya spesifikasi Pajero Sport di bagian ruang dapur pacunya. Sama seperti New Triton, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini hadir dalam lima tipe berdasarkan mesinnya. Namun, secara khusus Mitsubishi mengusung tiga jenis mesin berbeda untuk menggerakkan kelima varian New Mitsubishi Pajero Sport tadi. Untuk tipe mesin yang pertama adalah mesin DOHC 2.5L High Power yang tertanam pada Pajero Sport tipe Dakar, baik yang berpenggerak 4×4 maupun 4×2. Lalu, mesin yang kedua adalah tipe mesin DOHC 2.L standar yang menngawangi New Mitsubishi Pajero Sport tipe Exceed, GLS, dan juga GLX.
Sementara untuk tipe yang ketiga yaitu tipe V6 Mitsubishi mengusung mesin V6 3.0L SOHC MIVEC berbahan bakar bensin. Karena mengusung tipe mesin yang berbeda maka hal ini akan berpengaruh kepada power yang dihasilkan. Untuk power tertinggi terdapat pada tipe bensin V6 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 220 PS pada putaran 6.250 rpm dengan torsi 28.7 Nm pada 4000 rpm. Mesin pada New Mitsubishi Pajero Sport ini digerakkan oleh transmisi INVECS II Sport Mode 5 percepatan. Jadi meski tipe mesinnya berbeda, namun secara umum ruang dapur pacu dalam jantung spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki jaminan ketangguhan dan performa tinggi. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses