Pertamina Beberkan Regulasi BBM

Pertamina Beberkan Regulasi BBM
Posted by:

JOGYAKARTA- Sebagai perusahaan energy PT Pertamina Persero beberpan regulasi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Mentri (Premen) ESDM. Dimana ada tigajenis BBM yang ditetapkan oleh pihak pemerintah.
Manager External Communicatiom and CSR Sumbagsel Dwi paramita Arya memaparkan pemerintah menetapkan tiga jenis BBM dalam Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014. Yakni BBM bersubsidi yakni minyak tanah dan solar, jenis BBM umum yakni premium jamali, pertalatie dan dex. dimana kedua jenis ini berlaku untuk semua wilayah di Indonesia. Jenis BBM khusu penugasan yakni premium non jamali, dimana jenis ini hanya didistribusikandi wilayah penugasan selain pulau Jawa Madura, dan Bali, dimana hal ini sesuai dengan pasal 2 ayat 3Perpres nomor 191/2014.
“Ketiga jenis BBM ini, memiliki penugasan berbeda- beda tentunya berkaitan dengan harga. Namun perlu kita ketahui, jika ada fakta dibalik harga BBM yang mengacu pada Perpres dan Permen,” jelasnya saat kegatan diskusi media values days di Jogyakarta. (6/4/18).
Dwi mengungkapkan, pergerakan harga minyak menta dunia serta lokal yang juga berimbas dengan pajak kendaraan bermotor yang berbeda disetiap daerah. Kemudian pertubumhan Negara secara global. Dibalik ini semua, kebutuhan akan BBM kian meningkat.
“Tahun ini saja, (2018 red) konsumsi mencapai 1.6 juta barel sementara produksi hanya 800.000 barel. Ini sudah berbanding terbalik sejak 2003, Indonesia bukan lagi negara penghasil minyak. Maka itu, kita harus mebeli minyak dari perusahaan asing yang tentunya harga sangat berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah,” tutupnya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses