Pertamina Tambah Pasokan Avtur [Jamin Kebutuhan Musim Haji]

Pertamina Tambah Pasokan Avtur [Jamin Kebutuhan Musim Haji]
Pengisian Avtur di pesawat milik salah satu maskapai penerbangan di bandara SMB II Palembang, Kamis (11/8). Foto: Koer Palembang Pos
Posted by:

PLAJU – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan menjamin bahan bakar minyak (BBM) jenis avtur untuk maskapai penerbangan selama musim haji tahun ini aman.

Sebab, telah dilakukan penambahan stok sejak hari perdana penerbangan pesawat Boeing 747 khusus keberangkatan jemaah haji di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Agustus 2016 lalu.  

General Manager PT Pertamina (Persero) MOR II Sumbagsel, Herman M Zaini mengatakan, dalam suplai avtur ke Bandara SMB II Palembang dari pabriknya di Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju kerap terkendala karena kemacetan di jalanan.

Bahkan tak tanggung-tanggung yang biasanya jarak antara Plaju-Bandara bisa dicapai 1-2 jam, kini karena kemacetan akibat pembangunan LRT (light rail transit) menyebabkan jarak tempuh keduanya harus dicapai dengan lamanya waktu hingga lebih 3 jam.  Namun meskipun demikian, pihaknya memastikan tidak adanya kendala dalam persediaan Avtur untuk bahan bakar pesawat tersebut.

“Selama musim haji kita pastikan akanaman saja, karena memang sudah dipersiapkan jauh hari sebelum keberangkatan jemaah kloter peratama,” paparnya saat ditemui diruang kerjanya kemarin (11/8).

Dia menjelaskan, pada hari normal biasanya dilakukan pengisian avtur untuk sekitar 40 jenis maskapai penerbangan di Bandara SMB II Palembang adalah 75-100 kiloliter (KL) per hari. Hanya saja, di musim haji ini ada penambahan suplai sebanyak 75-90 KL per hari.         

“Kita tambah karena memang maskapai khusus haji mengkonsumsi avtur yang sangat banyak, beda dengan maskapai pada umumnya yang hanya konsumsi 2-3 KL per sekali isi,” tuturnya.

Diungkapkan Herman, selama ini memang belum terjadi keterlambatan pengiriman. Karena pihaknya sudah memprediksi adanya kemacetan yang biasa terjadi di kota ini. Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan sekitar 400 KL per hari di tangki penyimpanan avtur yang ada di Bandara SMB II Palembang.

“Pertamina sudah siap jika terjadi lonjakan permintaan avtur untuk maskapai penerbangan yang ada di Palembang. Karena pesawat haji ini ditentukan dan terbatas waktunya saat mendarat di Bandara SMB II Palembang, maka saat maskapai tiba, kita langsung lakukan pengisian,” terangnya.

Masih dikatakan dia, persiapan tersebut dilakukan karena ketika waktu pengisian untuk kita hanya 1 jam. Karenanya sekitar lebih dari 75 KL yang dituangkan kedalam maskapai harus dilakukan cepat dan tepat. Hal itu berbeda dengan pengisian maskapai pada umumnya yang hanya memakan waktu 5 menit per sekali pengisian avtur.

Sementara itu, Area Manager Communications and Relation PT Pertamina (Persero) MOR II Sumbagsel, Makhasin menambahkan, Pertamina RU III memproduksi avtur secara kontinue di pabrik yang ada di Plaju.
   
“Dalam satu hari, produksi avtur di Pertamina RU III bisa mencapai 700-800 barel. Avtur kita ini selalu disuplai ke beberapa wilayah yang ada di Sumbagsel. Yakni Bandara SMB II di Palembang, Bandara Sultan Thaha Syaifuddin di Jambi, dan Bandara Depati Amir di Bangka,” jelas Makasin.

Dia juga menerangkan mengenai harga Avtur setiap profinsi berbeda-beda ditentukan dengan jarak tempuh atau jarak pengirimannya. “Ada bianya lainnya,” tutupnya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses