Pilgub, KPU Temukan 700 Pemilih Ganda

Pilgub, KPU Temukan 700 Pemilih Ganda
Posted by:

LUBUKLINGGAU –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura), menemukan banyak pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan gubernur (pilgub) Sumsel 2018. Dari total 280.210 data pemilih, ditemukan sekitar 700 pemilih ganda yang tersebar di 14 kecamatan yang ada dalam wilayah Mura.
Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi yang dilakukan KPU dengan PPK dan PPS sekabupaten Mura, di SMart Hotel, Senin (9/4/18). Komisioner KPU Mura, Efran Eriadi Syahril, menjelaskan bahwa data pemilih ganda tersebut sedang diperbaiki. Rakor yang dilakukan kemarin, juga salah satu upaya untuk menyamakan persepsi bila ditemukan permasalahan dalam penetapan DPS. “Termasuk salah satunya soal pemilih ganda,” kata Efran.
Ditambahkan Efran, pemilih ganda ini ditemukan saat sistem informasi data pemilih (sidalih) muncul adanya data ganda, seperti nama yang sama tetapi Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya berbeda. “Ini sedangk kita sinkronkan, komunikasi dengan Panita Pemungutan Suara (PPS),” ujar Efran.
Dikatakan Efran, diharapkan setelah dilakukan rakor tersebut tidak akan muncul lagi permasalahan dalam penetapan DPS. “Besok PPS akan melakukan pleno untuk penetapan DPS,” ungkap Efran.
Sementara itu, berdasarkan data KPU Mura, hasil rekapitulasi DPS Mura pilgub Sumsel 2018 total pemilih sebanyak 280.210 pemilih. Dari jumlah itu pemilih laki-laki sebanyak 142.279 dan perempuan sebanyak 137.931 pemilih.
Pemilih terbanyak di dominasi oleh Kecamatan Megang Sakti dengan total 36.923 pemilih yan g tersebar di 21 desa/kelurahan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga terbanyak yakni 109 TPS. Sedangkan Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK) merupakan kecamatan dengan jumlah mata pilih paling sedikit yakni 9.552 pemilih. Jumlah pemilih tersebut tersebar di 10 desa/kelurahan dan terdapat 10 TPS. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses