Pilkada, 3 Daerah Perbatasan Memanas

Pilkada, 3 Daerah Perbatasan Memanas
Posted by:

*Petugas Kesulitan Menempatkan TPS

BANYUASIN –
Menjelang Pilkada serentak pada 27 Juni ini, KPU Kabupaten Banyuasin menghadapi sejumlah masalah, salah satunya kisruh penempatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) diwilayah perbatasan Kabupaten Banyuasin dengan Kota Palembang.
Hal tersebut, diungkapkan Salinan anggota KPUD Kabupaten Banyuasin, usai mengikuti Rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa (10/4/18) bahwa permasalahan itu berujung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan.
“Jadi permasalahan penempatan TPS di wilayah itu masih menemui kendala. Karena ada permintaan dari KPU Kota Palembang terkait hal itu.” Kata Salinan
Salinan menyebut wilayah yang bermasalah itu terdapat di kawasan Tegal Binangun Kecamatan Rambutan, sedangkan Talang Jambe dan Talang Buluh Kecamatan Talang Kelapa. “Permasalahan lantaran kami hendak mendirikan TPS diwilayah Tegal Binangun, oleh KPU Palembang tidak di perbolehkan. Apabila menempatkan TPS diwilayah itu, maka KPU Banyuasin juga tidak boleh menempatkan TPS di wilayah Talang Jambi dan Talang Buluh yang di klaim masuk wilayah Mereka,” jelasnya.
Saat ini, Lanjut Salinan untuk mengatasi permasalahan tersebut, baik dari KPU Kabupaten Banyuasin dan KPU Kota Palembang masih menunggu hasil KPU Provinsi Sumsel. “Ya, kita tunggu hasil keputusan dari KPU Provinsi Sumsel,” singkatnya.
Menanggapi hal itu, Bupati Banyuasin Ir SA Supriono mengatakan dalam rapat koordinasi tersebut. Jika itu masuk wilayah Banyuasin sebaiknya didirikan TPS karena sudah jelas itu wilayah Banyuasin. “Tempatakan TPS di wilayah kita. Kalau di wilayah perbatasan itu pemilih kita masukkan Ke DPS,” tegasnya.
Dukungan Pemkab Banyuasin pada Pilkada serentak, lanjut dia sejauh ini telah memfasilitasi serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna menyukseskan Pilkada serentak 2018 di Banyuasin. “Kami telah melakukan pemantauan perkembangan situasi dan kondisi daerah sesuai tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2018,”katanya.
Data sementara pelaksanaan Pilkada Banyuasin terdiri sebanyak 1815 TPS di 19 Kecamatan dan 305 Desa/Kelurahan. Pam TPS Unsur Linmas sebanyak 3.630 orang dan jumlah mata pilih dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) 561.582 jiwa.
Selain itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Banyuasin agar menjaga netralitas dalam Pilkada Banyuasin. “Perlu diketahui anggaran yang digunakan hampir Rp 100 milyar maka jangan dirusak Pilkada ini, dan penyelegara pemerintah dapat berjalan dengan baik, begitu pula Pemilu di Banyuasin,”pintanya.
Sedangkan, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, Sik menegaskan situasi dan kondisi diwilayah Banyuasin sampai saat ini masih aman dan kondusif. Dia minta KPU Banyuasin bekerja sesuai dengan peraturan dan menjaga independensi jangan sampai permasalahan timbul dari KPU Banyuasin sendiri sehingga membuat pelaksanaan Pilkada jadi kacau. “Karena anggaran Pilkada ini cukup besar, gunakan sesuai dengan juknis jadi jangan sampai tidak sukses. Apabila ada intimidasi dari pihak lain laporkan maka kita akan tindaklanjuti serta jaga Kamtibmas dengan baik. Kita akan menempatkan personil disetiap daerah yang rawan Pilkada,”katanya (her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses