Pilkades 4 Desa Ditunda

Pilkades 4 Desa Ditunda
Posted by:

Prabumulih, Palembang Pos.-
Kepala Badan Pemberdayaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan (PPDK) Kota Prabumulih, Abdullah Abadi AP MH memastikan, menunda pemilihan kepala desa (kades) diwilayah Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) yang telah habis masa tugasnya di tahun 2014 ini.
Sedikitnya ada empat kepala desa di Bumi Seinggok Sepemunyian, yang akan berakhir masa jabatannya ditahun 2014 ini. Ke empat kades dimaksud, kepala desa (kades) Karang Bindu, Kades Jungai, Kades Sinar Rambang dan Kades Kemang Tanduk.
Penundaan pemilihan kades tersebut, dilakukan sesuai dengan edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penundaan pemilihan kades menjelang dilangsungkannya pemilihan umum legislative dan juga pemilihan umum presiden (pilpres). Pemkot Prabumulih sendiri, belum memastikan kapan pelaksanaan kades nantinya dilakukan. Yang pasti, tahun ini pemerintah kota (pemkot) prabumulih telah menganggarkan dana untuk pemilihan kepala desa tersebut.
Dengan ditundanya pemilihan kepala desa, kata Abadi, jabatan kades akan dijabat oleh pejabat kepala desa yang ditunjuk berdasarkan musyawarah mufakat oleh badan permusyawaratan desa (BPD).  Para penjabat kepala desa itu nantinya, akan bertugas sebagai kades hingga kades terpilih dilantik.
Apabila pejabat kepala desa yang dipilih oleh BPD tidak diterima oleh masyarakat, kata Abadi, maka pihaknyalah yang akan menunjuk penjabat kepala desa itu nantinya. “Kita dahulukan yang ditunjuk oleh BPD sesuai dengan musyawarah mereka, jika tidak diterima baru kita menunjuk pejabat pelaksana tugasnya,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses