Piutang PBB Dihapuskan

Piutang PBB Dihapuskan
Posted by:

Baturaja, Palembang Pos.-
Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pemerintah Kabupaten OKU, akan menghapuskan piutang Pajak Bumi Bangunan (PBB) terhadap objek pajak yang sudah nunggak diatas 5 tahun.
Hal ini ditegaskan, Kepala Dispenda OKU, Fahmiudin, didampingi suverpisi Pelayanan PBB, Sridewa Brata Kusumadjati, kemarin.
Sridewa menjelaskan, penghapusan piutang PPB sesuai Perda OKU No 13 2011 tentang Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan dan Perbup No 33 tahun 2012, tentang tatacara penghapusan piutang pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan yang sudah kadaluarsa.
“Perda dan Perbup sudah jelas diatur. Jika objek pajak menunggak bayar pajak diatas lima tahun. Maka piutangnya akan dihapuskan,” tegas Sridewa.
Penghapusan hutang ada pengecualian. Jika objek bajak menjual aset dan melakukan balik nama. Maka sebelum melakukan balik nama, objek pajak harus melunasi piutang PBB terlebih dahulu.

“Kalau tidak, maka aset akan dilelang. Pelelangan, bukan serta-merta merampas hak objek pajak. Misalnya, piutang Rp 2 juta, maka hasil lelang aset objek pajak cuma diambil piutang Rp 2 juta. Selebihnya menjadi hak objek pajak itu sendiri,” tegasnya.
Disinggung partisipasi masyarakat pasca pembayaran PBB dikelola Dispenda, Sridewa mengaku cukup baik.
Pasalnya awal tahun ini, 50 lebih PBB baru yang dilakukan oleh individu. Dan sekitar 294 objek pajak dari Kecamatan Peninjauan  mengajukan melalui kolektif.
“Total wajib pajak yang terdata, sekitar 100 ribu wajib pajak. Sekarang sudah mulai setor dan proses pencetakan massal untuk PBB,” pungkasnya. (len)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses