Polisi Tangkap Tiga Anggota KPK

Polisi Tangkap Tiga Anggota KPK
Penyidik KPK. (Ilustrasi)
Posted by:

JAKARTA – Tiga anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dikabarkan diamankan Propam Polda Metro Jaya di parkiran Alfamart, Harco Mangga Dua, Jakarta Utara, Senin (22/2) pukul 14.00. Ketiganya diamankan saat tengah berada di dalam mobil Innova abu-abu berplat nomor B 1968 ZF. Ketiganya disebut-sebut berinisial Dar, BP, dan WG.
Mereka dikabarkan dibawa ke Polres Jakarta Utara untuk menjalani pemeriksaan. Belum ada keterangan resmi terkait benar atau tidaknya peristiwa ini. Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi mengaku belum tahu. “Saya belum tahu,” ujar Agus di markas baru KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (22/2).
Kapolres Metropolitan Jakut Kombes Daniel Bolly Tifaona dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M Iqbal dikonfirmasi, Senin (22/2), sore belum bersedia mengangkat telepon selulernya.
Sedangkan mengenai penangkapan itu, pihak Polda Metro Jaya dikabarkan telah melimpahkannya pada Polres Jakarta Utara. Saat dikonfirmasi pada Kasubag Humas Polres Jakarta Utara Kompol Sungkono, ia mengaku belum mendapatkan data penangkapan itu. “Saya tidak tahu mas,” kata dia saat dihubungi JPNN.com, Senin (22/2).
Dia juga bergeming, bahwa jika benar adanya penangkapan itu, maka akan disampaikan oleh Kapolres Jakarta Utara, Kombes Daniel Bolly Tifaona. “Saya takut salah kalau saya sampaikan. Biar pak Kapolres saja yang mengabarkan,” terangnya.
“Nanti kalau sudah ada pernyataan dari Kapolres, baru saya sampaikan pada rekan-rekan,” tuturnya. Sampai berita ini diturunkan, Kapolres Jakarta Utara Kombes Daniel Bolly Tifaona belum menjawab dan mengangkat telepon saat dihubungi JPNN.
Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Anton Charliyan membenarkan adanya penangkapan terhadap tiga orang yang santer dikabarkan merupakan oknum anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Penangkapan dilakukan di pelataran parkir Alfamart areal Harco, Mangga Dua, Jakarta Utara, pada Senin (22/2) sekira pukul 14.00 WIB. Meski begitu, Anton mengaku belum mengetahui secara rinci profil ketiga orang tersebut, apakah benar anggota KPK atau bukan.
“Ya kami dengar ada berita tersebut. Hal itu kami masih akan melakukan pengecekan apakah benar ada anggota KPK yang ditangkap di Jakut,” kata dia saat dikonfirmasi, Senin (22/2). Namun demikian, Anton memastikan, salah satu dari ketiganya positif pengguna narkotika. “Sementara itu ada yang terindikasi memakai narkoba,” bebernya.
“Dua lainnya belum diketahui. Sudah dilakukan tes urine,” sambungnya. Sebelumnya beredar kabar Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Metro Jaya pimpinan Kompol Tartono menangkap tiga orang yang diduga oknum KPK di pelataran parkir Alfamart areal Harco, Mangga Dua, Jakarta Utara. Mereka berinisial, D, BP, dan WG. D merupakan purnawiranan berpangkat terakhir Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu). (Mg4/jpnn)

#Tegaskan Novel Bertahan di KPK
Terpisah, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan bahwa Novel Baswedan tetap akan bertahan sebagai penyidik di lembaga antirasuah itu. Pernyataan Agus itu untuk menepis kabar yang menyebut Novel tidak akan diproses hukum asal hengkang dari KPK.
“Tidak di luar. Tetap di KPK,” ujar Agus di KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (22/2). Agus justru mengapresiasi keputusan kejaksaan yang telah menerbitkan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKP2) untuk kasus Novel. Sebab, berarti Novel tidak akan lagi diseret ke proses hukum.
Sedangkan anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat (FPD) Ruhut Sitompul menyatakan agar jangan sampai ada intervensi terhadap lembaga penegak hukum. “Aku diajari oleh Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono, red) agar kami tidak boleh intervensi,” katanya.
Ia pun mengajak semua untuk menghormati KPK, kepolisian dan kejaksaan. “Karena mereka adalah lembaga-lembaga penegak hukum,” papar Ruhut. Secara diplomatis Ruhut justru mengatakan agar kasus kecil tidak usah dibesar-besarkan. “Lebih baik begini deh persoalan besar kita kecilkan, yang kecil kita hilangkan,” pungkas Ruhut. (boy/mg4/jpnn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses