Polres PALI Jadi Prioritas

Polres PALI Jadi Prioritas
Posted by:

PALI-Ketua tim studi kelayakan pembentukan Polres Mabes Polri, Kombes Pol Drs Yasdan Rivai MHum menyampaikan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) termasuk jadi prioritas pembentukan Polres.
“Yang mengajukan pembentukan Polres cukup banyak, namun ada kategorinya, yakni prioritas dan non prioritas. Salah satu prioritas pembentukan Polres adalah kabupaten PALI, makanya kami datang ke PALI,” kata Yasdan kemarin (13/2/18) saat meninjau lokasi lahan Polres PALI.
Dijelaskanya, Polri sudah mendengar banyaknya keinginan masyarakat untuk segera dibentuk Polres.
Menyikapi hal itu, pihaknya akan mengupayakan sesuai ketentuan.
“Tapi kami tidak bisa tentukan kapan waktunya karena yang menentukan bukan hanya dari Polri tetapi masih ada institusi lain yang terlibat,” ujarnya.
Hasil dari kegiatan ini, sambung Yasdan, nantinya akan kaji, kemudian kita laporkan ke Kapolri, selanjutnya akan disampaikan ke MenPAN RB.
Syarat dan kriteria pembentukan organisasi Polres antara lain adanya pemekaran kabupaten,kebutuhan organisasi polri, perkembangan gangguan kamtibmas, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian semakin meningkat, dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat, dan memenuhi kategori nilai yang ditentukan berdasarkan klasifikasi ketentuan kewilayahan.
“Selain itu ada peraturan perundang-undangan menetapkan pemerintah Kabupaten PALI, terpenuhi kategori nilai, ada dukungan masyarakat serta tersedianya lahan,karena TNI Polri tidak menyiapkan anggaran penyiapan lahan,” ungkapnya.
Bupati PALI, H Heri Amalindo saat mendampingi tim pantau lokasi lahan yang sudah di siapkan Pemkab menerangkan lebih kurang 5 hektare sudah disiapkan.
“Untuk pembangunan Polres, kami telah siapkan lahan lebih kurang 5 hektare. Dan kami berharap Polres bisa segera berdiri untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Kabupaten PALI,” terangnya. (day)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses