Polres Siap Amankan Pileg-Pilpres

Polres Siap Amankan Pileg-Pilpres
Posted by:

 

MUARA ENIM- Polres Muara Enim dan jajarannya bersama satuan samping siap mengamankan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Kesiapan itu dilakukan Polres dengan menggelar apel sia oprasi mantap brata tahun 2018.

Apel yang berlangsung di halaman Mapolres Muara Enim, Rabu (19/9/19) itu, bertindak sebagai pimpinan apel Wakapolres Muara Enim, Kompol Ary Sudrajat SH Sik dan bertinda sebagai perwira apel, Kompol Irwan Andeta SIK MH dan komandan apel, Iptu Fatahullah.

Pada apel tersebut, Wakapolres membacakan amanat tertulis Kapolri, Jendral Polisi Muhammad Tito Karnavian PHd. Pada amanat tertulisnya, Kapolri mengatakan, Pemilihan Umum dapat dikatakan sebagai penanda utama demokrasi (the halimark of democracy). Karena masyarakat  diajak untuk ikut serta menentukan pimpinannya pada periode mendatang.

Dijelaskannya, Pemilu 2019 memilikin kompleksitas kerawanan dan  karakteristik  yang khas. Karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak  dengan ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Kondisi ini  akan menuntut pada  adanya upaya  maksimal  dari masing masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih  suara sebanyak banyaknya. Tidak hanya untuk  memenangkan  Pileg dan Pilpres. Namun juga agar bisa tetap  bertahan/survive.

Dalam kacamata Kamtibmas, lanjutnya, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya  dapat memunculkan potensi  kerawanan  di bidang keamanan.

Diantaranya yang cukup menjadi perhatian Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu isu yang dapat memecah  belah persatuan  bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah tengah kehidupan masyarakat. (luk)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses