Polri akan Terus Bebenah Diri

Polri akan Terus Bebenah Diri
Posted by:

MUARA ENIM – Institusi Polri terus membenahi diri untuk memulihkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum itu dengan melaksanakan program Promoter. Soalnya selama 2 tahun implementasi program tersebut telah menunjukkan hasil yang baik, public trust terhadap instutusi terus meningkat.
Hal itu disampaikan Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono, saat membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PHd, pada puncak acara HUT Bhayangkari ke-72 di Mapolres Muara Enim, Rabu (11/7/18).
Acara itu dihadiri Penjabat Bupati Muara Enim, Teddy, Ketua DPRD, Aries HB SE, Kajari Rustam SH, Komandan Kodim 0404 Muara Enim, para tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan pimpinan perusahaan BUMN, BUMD dan BUMS yang beroperasi di wilayah Muara Enim.
Acara tersebut dimeriahkan juga dengan atraksi polisi cilik binaan Satlantas Polres Muara Enim serta kesenian reog. Ketika membacakan amanat Kapolri itu, Kapolres mengatakan, Polri yang pada tahun 2016 termasuk dalam 3 institusi paling tidak dipercaya publik, kini berdasarkan hasil survey yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survey, telah berada pada 3 besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik.
Pada survey yang dilaksanakan Litbang Kompas, lanjutnya, akhir Juni 2016 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Polri hanya 63,2 persen. Setelah satu tahun pelaksanaan program promoter, survey populi center Agustus 2017 responden puas dengan kinerja Polri.
Selanjutnya, lanjutnya, survey Litbang Kompas Oktiber 2017 menempatkan Polri sebagai lembaga yang dipercaya rangking ketiga teratas dengan tingkat kepuasan mencapai 70,2 persen. Demikian juga survey yang dilaksanakan Alvara Research Center pada Mei 2018, juga menunjukkan adanya perbaikan kepercayaan publik.
Dimana Polri menjadi satu dari lembaga yang memiliki trend kenaikan tingkat kepuasan publik dalam periode tersebut. Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri menurut riset itu mencapai 78,8 persen.
Dan yang terakhir survey Litbang Kompas pada Juni 2018 menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 82,9 persen. “Hasil ini mengindikasikan bahwa 82,9 persen warga negara Indonesia percaya kepada Polri tertinggi sejak era reformasi,” jelasnya.
Kemudian lanjutnya, indikator terjadinya reformasi Polri juga terlihat dari penilaian otoritas pemerintah yang berwenang yakni oleh BPK terhadap pengelolaan laporan keuangan Polri dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tanpa catatan pada 5 tahun beruturut turut dari tahun 2013-2017.
Selanjutnya penilaian indeks reformasi birokrasi Polri dari Kemenpan RB dengan nilai 73,65 (BB) dan penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dengan nilai 72,11 (BB). (luk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses