PORSERI Tuding PLTU Baturaja Langgar Amdal

PORSERI Tuding PLTU Baturaja Langgar Amdal
Massa tergabung dalam Poseri gelar aksi di Polda Sumsel, Senin (16/10).
Posted by:

PALEMBNG – Aksi protes dilayangkan puluhan massa yang tergabung dalam POSERI atau Pemerhati Organisasi Sosial dan Ekonomi RI, DPP Sumsel. Kedatangan massa ke Polda Sumsel, Senin (16/10), sekitar pukul 10.00 WIB, mendesak penyelesaian laporan kasus Axilo atau abu kasar dari PLTU Baturaja, OKU Induk, dinilai melanggar Amdal.

Puluhan massa yang menggeruduk sebagian besar belasan ibu-ibu rumah tangga dan belasan pula anak remaja, tampak membawa spanduk dan poster sebagai bentuk protes. Protes massa ini atas laporan elemen masyarakat akan Amdal PLTU Baturaja dikelola PT BNEY dinilai telah mencemari dan merusak lingkungan, dari ekosistem sungai, udara dan hutan, oleh debu kasar atau Axilo perusahaan tersebut.

Desri Lepri, Koordinator Aksi mengatakan, disini mereka menilai bahwa laporan warga ke Polda Sumsel terindikasi jalan di tempat.

“Ada apa ini, cenderung terindikasi PLTU Baturaja ini mengangkangi UU no 32 tahun 2009, tuntutan kami. Agar Polda Sumsel menindak lanjuti sesuai UU yang berlaku, kemudian kami bergerak sesuai fungsi dan kontrol kami sampai ke Mentri Lingkungan hidup,” ungkapnya.

Dikatakannya kembali, PLTU Baturaja yang menyebabkan ekosistem kerusakan dengan debu kasar. Yang semata-mata demi kepentingan bisnis.

“Debu kasar ini jatuh ke sungai, efeknya ekosistem pencermaran air dan dekat hutan kawasan. Kita sudah melayangkan surat agar terjadi pembenaran, tapi ada pembiaran. Agar masalah Amdal debu axilo yang di PLTU Batu Raja Induk, ditangani sesuai perundangan, jangan dibuang yang halus saja ke PT semen Baturaja, dan yang kasar dibiarkan menumpuk dan masuk mengaliri sungai,” ketusnya.

Pihak Polda Sumsel melalui Kompol Andi Junianto selaku Kaur Monitor Subdit PID Humas Polda menangapi tuntutan massa akan diterima dan segera disampaikan ke pimpinan.”Jadi silahkan saudara-saudara memantau, perkembangannya. Terimakasih juga sudah menyampaikan pernyataan dengan tertib aman dan damai,” tanggapnya. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses