Portugal Bernasib Buruk [Ditahan Islandia 1-1]

Portugal Bernasib Buruk [Ditahan Islandia 1-1]
Birkir Bjarnason (8) saat menjebol gawang Portugal menit ke-50.
Posted by:

SAINT-ETIENNE – Portugal harus puas dengan raihan satu angka pada laga pertamanya di Piala Eropa 2016. A Seleccao das Quinas ditahan imbang tim debutan Islandia dengan skor 1-1 di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Rabu (15/6) dinihari WIB.

Dipimpin Cristiano Ronaldo, Portugal mutlak mendominasi pertandingan. Mereka unggul penguasaan bola hingga 66%. Jumlah peluang Portugal juga jauh lebih banyak. Mereka membuat 27 percobaan mencetak gol dan 10 di antaranya tepat sasaran. Sementara Islandia cuma membuat 4 percobaan mencetak gol dan keempatnya mengarah ke gawang.

Portugal unggul 1-0 hingga turun minum berkat gol Nani pada menit ke-31. Islandia berhasil mencetak gol balasan pada awal babak kedua. Gol Birkir Bjarnason pada menit ke-50 itu menghapus keunggulan Portugal.

Dengan hasil imbang ini, Portugal dan Islandia menempati posisi kedua dan ketiga di klasemen sementara Grup F dengan poin satu. Puncak klasemen dipegang Hongaria yang mengalahkan Austria 2-0 dan punya poin tiga.

Portugal yang lebih berpengalaman, tampil lebih percaya diri. Namun Islandia tanpil tanpa beban. Kedua tim memeragakan permainan dalam tempo tinggi pada menit-menit awal. Portugal dan Islandia silih berganti melancarkan serangan.

Islandia punya kesempatan pada menit ketiga. Gylfi Sigurdsson menembus kotak penalti Portugal dan kemudian melepaskan tembakan, tapi usahanya bisa digagalkan penjaga gawang Rui Patricio.

Bek kanan Portugal, Vieirinha, ikut naik membantu serangan dan mengancam gawang Islandia pada menit ke-18. Sial buat dia, tembakan kerasnya dimentahkan kiper Islandia, Hannes Halldorsson. Halldorsson kembali membuat penyelamatan gemilang beberapa saat kemudian. Dia menggagalkan sundulan Nani dari jarak dekat.

Setelah melewati 15 menit, Portugal memegang kendali permainan dan terus menekan Islandia. Ronaldo punya peluang pada menit ke-23, tapi sundulannya masih sedikit melambung.

Portugal pun akhirnya memimpin pada menit ke-31 setelah Nani mencetak gol. Nani yang tak terkawal menyambar umpan Andre Gomes dari sisi kanan. Skor 1-0 untuk keunggulan Portugal tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Pada awal babak kedua Portugal lebih kuat menekan. Ronaldo memiliki kesempatan untuk menambah keunggulan Portugal, ketika Dia menyambar bola liar di luar kotak penalti Islandia. Tetapi tembakan pemain terbaik dunia tiga kali itu masih menyamping.

Islandia, yang lebih banyak bertahan, mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-50 lewat Birkir Bjarnason. Berawal dari umpan silang Johann Gudmundsson, Bjarnason yang berdiri bebas di kotak penalti dengan leluasa mencetak gol lewat tembakan kaki kanannya.

Upaya Andre Gomes pada menit ke-60 tak membuahkan gol kedua untuk Portugal. Tembakannya dari luar kotak penalti ditepis oleh Halldorsson.

Dalam posisi seimbang, Portugal semakin agresif. Nani nyaris bikin gol pada menit ke-71. Dia menyundul bola hasil tendangan bebas Raphael Guerreiro, tapi arahnya melenceng tipis.

Portugal terus menggempur Islandia di sisa waktu. Untuk menambah daya gedor, pelatih Portugal memasukkan Renato Sanches dan Ricardo Quaresma.

Upaya ini meningkatkan ancaman ke gawang Islandia. Mereka mendapat peluang menambah gol melalui Pepe pada menit ke-81. Akan tetapi, sundulan Pepe meneruskan sebuah sepak pojok masih melambung. Skor 1-1 pun bertahan hingga laga usai. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses