PT KAI Terjunkan 391 Personel Gabungan

PT KAI Terjunkan 391 Personel Gabungan
Posted by:

PALEMBANG – Menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijrah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Regional Divre III Palembang mengadakan upacara gelar pasukan tanda dimulainya masa angkutan lebaran Tahun 2018 di halaman stasiun besar Kertapati Palembang, Selasa (5/6/18) sore sekitar pukul 16.30 WIB.
Masa angkutan lebaran tahun 2018 dimulai 5 Juni-26 Juni 2018. Posko angkutan lebaran 2018 ini disiapkan di semua stasiun keberangkatan penumpang Kereta Api (KA). Dengan tujuan dapat membantu masyarakat yang akan mudik Lebaran sehingga masyarakat yang menggunakan jasa kereta api dapat lebih terlayani dengan baik.
Kepala Divre III Palembang, Herly Hendy mengatakan, PT KAI Divre III Palembang dalam masa angkutan Lebaran 2018 menyediakan 59.444 tempat duduk, dengan 2.702 tempat duduk perharinya untuk relasi Kertapati -Tanjungkarang dan Kertapati-Lubuklinggau di semua kelas.
“Saat ini sudah ada sekitar 81 persen tiket yang sudah terjual dengan kapasitas penumpang sekitar 42 ribu penumpang,” katanya kepada awak media setelah apel gelar pasukan.
Sambungnya, untuk perkiraan penumpang yang akan diangkut pihaknya sekitar 51 ribu penumpang pada masa lebaran nanti. “Untuk lonjakan penumpang biasanya H-3 dan H+3,” jelasnya.
Untuk masa angkutan lebaran, lanjut Herly, pihaknya tidak menambah kereta melainkan hanya akan menambah gerbong kereta. “Jadi untuk tanggal-tanggal ganjil kita akan menambah gerbong masing-masing satu gerbong disetiap rute,” ujarnya.
Diakui Herly, untuk KA kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat karena dengan harganya yang terjangkau. Penumpang merasa nyaman, karena kelas ekonomi juga menggunakan AC dan tidak ada penumpang yang merokok di dalam kereta, selain itu kemudahan dalam membeli tiket.
Masih dikatakannya, untuk kelas eksekutif dan bisnis sudah habis di tanggal-tanggal tertentu. Tidak ada kenaikan harga tiket karena untuk tarif kelas eksekutif dan bisnis PT. KA memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas sedangkan kereta ekonomi tetap mengacu skema PSO dari pemerintah.
“Ya, terjadi peningkatan penumpag ditahun lalu sekitar 7 persen, pemicunya mereka merasa nyawan dengan mengunakan kereta api, dan ketepatan waktunya sudah lebih membaik dari tahun lalu, hampir semua kereta api datangnya tepat waktu,” terangnya.
Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat selama masa angkutan lebaran ini, sambung Herl, dari titik awal stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir penumpang, PT. KAI Divre III menerjunkan sebanyak 391 personal keamanan gabungan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun 2018. “Personel gabungan terdiri dari personel POM TNI, Brimob, Polsuka dan Security Stasiun,” ungkapnya.
Ditambahkannya, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam perjalanan KA, PT. KAI Divre III menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (Amus) di sejumlah titik yang rawan bencana longsor atau amblas dan banjir terutama menjelang arus mudik dan arus balik. (cw06)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses