PT OEKA Dituding Garap Lahan Warga

PT OEKA Dituding Garap Lahan Warga
Posted by:

Garap Lahan Warga

Banyuasin, Palembang Pos,-
Puluhan warga Desa Bentayan Dusun Empat Seikijing Kecamatan Tungkal Ilir, melaporkan PT Odira Energy Karang Agung (OEKA) ke Mapolsek Rimau atas dugaan pengrusakan lahan warga yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan).
Warga menuding, perusahaan mengalihkan fungsi lahan dengan cara merusak pagar lahan pertanian Poktan. Tak hanya itu, juga merusak ratusan tanam tumbuh milik warga. Warga mengaku mengalami kerugian ratusan juta rupiah.
Dodi Kusmayadi SH, pemilik lahan sekaligus kuasa hukum warga mengatakan, laporan tersebut sudah masuk ke Mapolsek Pulau Rimau awal Desember 2013 lalu. Saat ini masih dalam penyelidikan Polsek Pulau Rimau.
“Pengrusakan sudah lama terjadi, tanah kami digali dengan volume 135 meter kubik, pagar kebun sepanjang 30 meter dirusak dan puluhan pohon karet mati.  Selain itu, lahan milik warga juga longsor dan erupsi.
Kami mengalami kerugian Rp 216 juta,”ujarnya.
Perusahaan bergerak dibidang Migas tersebut, ujar Dodi, sama sekali tak pernah berkoordinasi dengan warga ketika akan menggarap lahan. Sehingga berdampak pada rusaknya perkebunan warga.
Sementara, Kapolsek Pulau Rimau, AKP Amir Jhon  melalui Kanit Reserse, Aiptu Masrukin membenarkan laporan warga Desa Bentayan atas pengrusakan yang dilakukan PT OEKA.
“Memang sudah kita lakukan pemanggilan saksi. Namun pihak perusahan belum hadir, dalam waktu dekat kita akan layangkan surat panggilan kedua kali. Mungkin akan dikirim Rabu ini,” ujarnya.
Pihaknya mengedepankan azas praduga tidak bersalah, dan melakukan penyidikan sesuai aturan.
”Kita tak bisa serta merta melakukan penahanan, karena pasal yang dituduhkan hanya pengrusakan. Tuntutannya, dibawah 5 tahun, awalnya sudah  kita lakukan musyawarah antara warga dan perusahan, namun belum ada titik terang,” ungkapnya.
Sementara, Humas PT OEKA, Adinda Dwilistya tidak bisa dikonfirmasi. Ketika dihubungi dan via Short
Messages Service (SMS) ke 081381475XXX, tidak ada respon. (far)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses