PT Swasta Berpeluang Gelar Kuliah Gratis

PT Swasta Berpeluang Gelar Kuliah Gratis
Gubernur Alex Noerdin saat meninjau lokasi pembangunan gedung baru Universitas Tridinanti. Foto Humas Pemprov Sumsel
Posted by:

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin, membuka kesempatan bagi Perguruan Tinggi (PT) swasta di Sumsel untuk menyelenggarakan kuliah gratis. Syaratnya PT swasta tersebut memiliki fasilitas sangat baik, dan terpenting kualitas pendidikannya tak diragukan lagi.

Demikian dikatakan Alex saat meresmikan pemancangan tiang pertama atau ground breaking revitalisasi pembangunan Auditorium dan Ruang Kelas Universitas Tridinanti Palembang, Rabu (16/3). Dalam kesempatan itu Alex juga menginstruksikan Pemkot Palembang agar dapat membebaskan biaya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) gedung baru Universitas Tridinanti Palembang yang akan dibangun. Menurut Alex, lembaga sosial seperti ini sudah semestinya dibebaskan dari biaya IMB.

“Kita mintakan Pemkot Palembang untuk meringankan biaya IMB Gedung Universitas Tridinanti. Kalau Kota Palembang tidak sanggup Pemprov yang akan memenuhinya,” kata Alex.

Ditambahkan Alex, Pemprov Sumsel mendukung dan mengapresiasi sebesar-besarnya pembangunan gedung baru Universitas Tridinanti Palembang dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Sumsel.”Gedung ini nantinya harus dilengkapi fasilitas free wifi dan sarana multi media bagi mahasiswa harus terpenuhi,” terang Alex.



Alex mengharapkan, pembangunan gedung ini dapat selesai dalam dua tahun kedepan sebelum Asian Games 2018 mendatang. “Saat Asian Games nanti tidak ada lagi pembangunan yang berlangsung dan Kota Palembang harus sudah tertata rapi menjadi salah satu kota tercantik di Indonesia,” ujarnya.



Sementara terkait program kuliah gratis, Alex meminta, agar Universitas Tridinanti dapat terus meningkatkan sarana dan fasilitas perkulihan serta terus meningkatkan kualitas pendidikan yang dilakukan. Dikatakan Alex, saat ini program kuliah gratis memang baru di Unsri, Poltek, dan UIN Raden Fatah Palembang. Akan tetapi, sejak awal program ini direncanakan keseluruhan universitas di Sumsel secara bertahap seiring dengan kesiapan dana dan yang terpenting kesiapan fasilitas universitas dan kualitas pendidikan.



“Kalau sudah layak dan fasilitas sudah terpenuhi serta kualitas pendidikan tidak diragukan lagi, tentu akan kita berikan kesempatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Tridinanti Palembang, Hj Manisah mengatakan, gedung ini akan dibangun sembilan lantai meliputi auditorium dan 52 ruang kuliah memiliki kapasitas 40 mahasiswa serta dilengkapi sarana multi media.

Menurutnya, pembangunan gedung kuliah ini ditujukan untuk melengkapi sarana perkuliahan juga sebagai langkah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Tridinanti sehingga selaras dengan program pembangunan yang dilakukan Pemprov Sumsel.

”Biaya pembangunan gedung ini kita peroleh dengan cara swadaya. Untuk itu kita harapkan sekali Pemkot Palembang bisa meringankan biaya IMB gedung ini,” harap Manisah. (ety)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses