PTS UIGM jadi favorite dalam USMB

PTS UIGM jadi favorite dalam USMB
Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsri Prof Ir Zainuddin Nawawi PhD bersama Humas dan Publikasi Unsri Prof Dr H Zulkifli Dahlan MSi DEA memberikan hasil pengumuman kelulusan USMB. Foto Koer/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Sebanyak 3.713 peserta mahasiswa yang mendaftar Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Universitas Sriwijaya (Unsri) sudah bisa diakses hari Selasa (17/7) kemarin. Pasalnya hanya 2.484 yang lulus di Unsri, sedangkan sebagian lagi masuk di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), hasil pengumuman bisa dilihat melalui website usm.unsri.ac.id.

Hal ini diungkapkan, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsri sekaligus Ketua Panitia USMB Unsri, Prof Ir Zainuddin Nawawi PhD mengatakan untuk total peserta USMB yang hadir pada ujian tertulis mencapai 6.755 orang. Namun, peserta yang dinyatakan lolos hanya 3.713 orang dengan alokasi tertinggi pada Unsri 2.484 orang, UIGM 524, Universitas PGRI 376, Universitas Tridinanti Palembang 181, MDP 112, Stisipol 21 dan Universitas Taman Siswa 15 orang. Namun, jika dilihat dari peminatan peserta, Unsri sendiri mencapai 12.845, UIGM 1.744, Tridinanti 989, UPGRI 1.472, MDP 536, Tamsis 117 dan Stisipol 121. “Jumlah peminatan memang lebih banyak karena setiap peserta mendapat kesempatan memilih lima prodi,” katanya.

Meski demikian, pihaknya mengingatkan kepada peserta yang lolos memilih Unsri untuk segera melakukan registrasi berkas dan kesehatan di kampus Unsri Indralaya pada 25-26 Juli. Mengingat, proses Program Pengenalan Kehidupan Kampus akan digelar pada 2-3 Agustus. Sementara, mahasiswa yang lolos di PTS untuk segera memenuhi persyaratan yang ditetapkan perguruan tinggi bersangkutan. “Bagi yang tidak lolos juga jangan berkecil hati. Unsri masih membuka jalur Diploma III untuk Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komputer pada tanggal 21 Juli nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UIGM Palembang Marzuki Alie, melalui Warek 1 UIGM John Roni Coyanda SKom M Simengatakan dirinya menyambut baik antusias masyarakat memilih UIGM yang terbilang tinggi dan menjadikan kampus yang dipimpinnya sebagai kampus terfavorite dibandingkan PTS lainnya dalam pelaksanaan USMB 2018. Menurutnya, hal tersebut tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang dilakukan. “Berdasarkan data dari panitia USMB 2018, UIGM memiliki peminatan sebanyak 1.774 dengan jumlah peserta sebanyak 1.228. namun yang kita terima hanya 542 peserta sajauntuk 11 prodi yang tersedia,” katanya.

Besarnya jumlah minat masyarakat di UIGM PALembang juga tidak terlepas dari keberadaan prodi yang dimiliki namun tidak terdapat di kampus lainnya seperti prodi desain komunikasi visual, survei dan pemetaan, perencanaan wilayah kota dan ilmu pemerintahan. “Kita memberikan gratis uang pendaftaran kepada para calon mahasiswa USMB, dimana pada 31 Juli nanti mereka cukup melampirkan hasil kelulusan USMB,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses