Puluhan Hektare Sawah Terancam Kekeringan

Puluhan Hektare Sawah Terancam Kekeringan
Warga menunjuk salah satu titik saluran irigasi di Dusun Tegur Wangi Lama yang jebol dihantam arus Sungai Selangis, Minggu (15/10).
Posted by:

PAGARALAM – Hujan deras yang mengguyur kota Pagaralam membuat debit air Sungai Selangis meningkat. Luapan air sungai ini membuat salahsatu titik saluran irigasi bagi dusun Ujan Mas, kelurahan Jangkar Mas, kecamatan Dempo Utara hancur lebur. Puluhan hektar sawah dan kolam ikan diklaim terancam kekeringan.

Pantauan di lokasi, kemarin, salahsatu titik saluran irigasi yang hancur itu berlokasi di dusun Tegur Wangi Lama, kelurahan Pagar Wangi. Dinding irigasi yang semula berdiri kokoh, nyaris tak tampak lagi. Sebagian besar material bangunan sudah hanyut dibawa arus deras sungai Selangis. Hancurnya dinding ini membuat aliran air ke irigasi menjadi surut.

Menurut Indianto, ketua RW dusun Ujan Mas, sudah duakali saluran irigasi Ujan Mas rusak dihantam banjir bandang Sungai Selangis. Kali pertama lanjut Indi, banjir bandang membuat sebagian dinding irigasi jebol.

“Yang terjadi hari ini (kemarin) lebih parah lagi. Dinding penahan irigasi yang rusak sudah mencapai 50 meter lebih,” ujar Indi, saat ditemui di lokasi. Jebolnya saluran irigasi itu, kata Indi, membuat pasokan air bagi puluhan hektar sawah serta kolam ikan di dusun Ujan Mas menjadi menipis.

Saat ini saja kata Indi, irigasi dusun Ujan Mas sudah kering. Hal ini lantaran air sudah berbelok ke Sungai Selangis. Ia pun memperkirakan, bila saluran irigasi tak diperbaiki, beberapa ke depan sawah di dusun Ujan Mas yang luasnya hampir puluhan hektar bisa kekeringan. “Ikan di kolam bisa mati,” imbuhnya.

Untuk itu, Indi berharap agar pihak terkait dapat membantu perbaikan terhadap saluran irigasi itu secepatnya. “Saya sudah melapor kepada Pak Lurah dan Camat. Semoga bisa ditindaklanjuti,” kata Indi, lelaki yang sudah lebih dari lima tahun menjabat sebagai Ketua RW ini.

Syarifudin, warga Dusun Ujan Mas lainnya menambahkan, warga sudah berupaya untuk memperbaiki saluran irigasi tersebut dengan cara memasang bronjong. Namun dia mengungkapkan, debit air yang sangat besar membuat proses perbaikan itu tak bisa dilakukan. “Kami tak bisa berbuat banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Jangkas Mas, Yulius mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti laporan dari warga dusun Ujan Mas tersebut. “Sudah kami laporkan kepada pihak kecamatan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat langsung diteruskan ke BPBD,” ujarnya saat dihubungi, juga Ia mengimbau kepada warga Dusun Ujan Mas untuk bersabar.

Dihubungi terpisah, Camat Dempo Utara, Drs Bahrul Hidayat mengatakan, jebolnya salah satu titik saluran irigasi bagi dusun Ujan Mas tersebut termasuk dalam kategori bencana. Sebab peristiwa itu dipicu akibat besarnya debit sungai Selangis.

“Mudah-mudahan BPBD bisa menanggapi laporan dari warga tersebut,” ujar Dayat, sapaan akrabnya. Terpisah, Kepala BPBD Kota Pagaralam, H Herawadi SSos MM mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengeceken langsung ke lokasi untuk mendata kerusakan atas bencana alam tersebut.(cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses