Puluhan Jukir Gelisah

Puluhan Jukir Gelisah
Posted by:

Lahat, Palembang Pos.-
Mendapat informasi akan diterapkan sistem lelang parkir. Puluhan juru parkir (jukir) di Kota Lahat, gelisah. Bagaimana tidak, jika pengelolaan ini ditetapkan, tentu akan mengancam pekerjaan puluhan jukir ini.
Pasalnya, pemenang lelang yang merupakan penawar harga tertinggi, akan menetapkan setoran yang besar bagi setiap jukir. Informasi ini telah diterima jukir melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lahat.
Pemenang lelang dipastikan mereka yang penawaran harga tertinggi, lantaran lelang terbuka untuk umum. Ini dilakukan dengan alasan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sektor retribusi parkir. Hanya saja, puluhan jukir terancam kehilangan pekerjaan, karena tidak mampu mengikuti lelang.
Kekhawatiran jukir ini makin menjadi saat didatangi orang yang mengaku akan mengelolah lahan parkir. Oknum tersebut menyatakan jika berhasil memenangkan lelang, akan minta setoran Rp250 ribu perhari pada setiap jukir.
Ironisnya, setoran ini jauh berasa diatas pendatapatan jukir selama ini. “Iyo memang la ado wong datang. Gek kalo dio menang lelang, kami wajib setor Rp 250 ribu perhari,” aku salah seorang tukang parkir di Jalan Mayor Ruslan Kota Lahat, ditemui siang, kemarin.
Sementara, Ketua Paguyuban Jukir Kota Lahat Zulkarnain (43) tidak percaya dengan rencana tersebut. Menurutnya, informasi yang beredar Bupati setuju dengan rencana tersebut. “Dak yakinlah bupati, sampai nyuruh kami ni jadi pengangguran. Apo lagi sampai harus nyetor duit sebesak itu, dari mano kami dapat,” tegasnya.
Dikonfirmasi, Plt Kepala Dishubkominfo Kabupaten Lahat, Ramsi mengatakan, sampai saat ini sistem lelang belum diterapkan. Namun, pihaknya akan menerapkan sistem pengelolaan bersama, dibeberapa lokasi yang dianggap perlu.
“Jika kita terapkan sistem lelang saat ini bertentangan dengan Perda. Tapi lokasi seperti pasar kaget, kangkungan dan tempat lain, bisa dilakukan pengelolaan bersama,” ujarnya.(rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses