Puluhan Reklame Liar “Ditebang”

Puluhan Reklame Liar “Ditebang”
Posted by:

Sudirman, Palembang Pos.-
Reklame atau papan iklan dinilai liar alias tidak mengantongi izin, Rabu (26/2) pukul 23.00 WIB ditertibkan Dinas Tata Kota dan Sat Pol PP Kota Palembang. Alhasil sebanyak 30 buah reklame ditebangi petugas gabungan menggunakan mesin las dan alat pemotong besi. Reklame banyak untuk promosi berbagai macam produk, iklan, atau nama rumah makan, perusahan sampai bank. Bahkan ada yang tak terpakai, terkesan semraut di sepanjang Jalan Sudirman.
Penertiban sengaja dilakukan petugas malam hari, supaya kenyamanan masyarakat tidak terusik. Karena bila dilakukan siang atau sore hari, akan menggangu aktivitas warga sepanjang jalan protokol. Terbukti penertiban berjalan lancar, tanpa ada hambatan atau menghambat masyarakat kebanyakan pedagang, pemilik ruko dan toko, serta warung kaki lima. Papan iklan berukuran raksasa, setengah sedang hingga biasa dibersihkan dari jalanan.
Sekertaris Sat Pol PP Kota Palembang, M Sabar SH mengungkapkan, tercatat ada 30 an reklame yang ditebangi petugas kerena tidak mengantongi izin dan pajak sepanjang Jalan Sudirman. “Malam ini (kemarin, red) kita bareng Dinas Tata Kota, Dandim 0418 Palembang, dengan petugas ahli sudah menurunkan sebagian besar reklame. Tugas kita  sebagai pelaksana memback up dinas tata kota untuk membersihkan reklame, baleho yang sudah berdiri. Penertiban ini juga atas pertimbangan estetika dan keindahan, juga kerapian masuk tata kota,” jelasnya.
Sabar juga meneruskan, rencananya setelah penertiban semua papan iklan liar itu. pemasang iklan boleh dipasang, namun bergabung dengan ruko atau tidak terpisah. “Sementara kita lakukan dulu di sepanjang Jalan Sudirman sampai bersih. Nanti akan menyusul di jalan protokol lainnya, dan penertiban ini kelima kalinya kita lakukan. Ini atas berdasarkan surat perintah walikota merujuk Undang-undang perwali no 9. Bagi pemilik kalau menurut undang-undang akan segera disahkan tidak boleh mengambil lagi kalau sudah tahap penyitaan, karena sebelumnya sudah kita sering peringatkan, bahkan ada yang inisiatif menertibkan sendiri” terangnya.
“Bukan cuma reklame yang dibersihkan karena melanggar undang-undang. Sebelumnya belasan baleho dan alat peraga kampenye juga telah dicopot dan dibersihkan, karena ini melanggar keputusan KPU NO 15 tahun 2014. Dimana capres caleg tidak boleh menyalahi, harusnya reklame itu untuk iklan bukan untuk kampanye. Semua barang bukti akan kita kumpul di kantor kita di Jakabaring,” tukas Sabar. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses