Pupuk Subsidi Kosong

Pupuk Subsidi Kosong
Posted by:

Pagaralam, Palembang Pos,-
Ketersedian pupuk subsidi ditingkat pengecer di Kota Pagaralam, mengalami kekosongan. Kondisi ini membuat petani cemas dan khawatir. Soalnya, sudah masuk musim tanam.
Pupuk subsidi yang saat ini sulit didapat, yakni urea, SP36, NPK Phonska, dan ZA. Petani sangat mengharapkan pupuk dibeli dengan harga terjangkau. Sebab petani tak mampu membeli pupuk nonsubsidi yang harganya selangit
Tomi (31), petani Didusun  Muara Siban mengatakan, kesulitan mendapatkan pupuk harga murah (subsidi). Sebab beberapa pengecer banyak kosong, hanya pupuk nonsubsidi yang harganya mahal. “Kami terpaksa menunda membeli pupuk hingga kondisinya normal atau pupuk subsidi ada di pengecer,” ujarnya
Kosongnya stok pupuk bersubsidi, harus menjadi perhatian serius dinas terkait. Sebab bagaimana petani memulai menggarap tanaman padi dan sayuran, jika pupuk malah tak ada. ”Kondisi ini harus secepatnya dicermati. Jika tidak, dikhawatirkan menimbulkan gejolak,” ungkapnya.
Sementara, pengecer pupuk dikawasan Pasar Dempo Permai, Syarifudin (64) membenarkan, saat ini stok pupuk bersubsidi kosong. ”Pupuk nonsubsidi lebih mahal, petani keberatan membeli,” ujarnya.
Terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Hortikultura Kota Pagaralam, Jumaldi Jani SP, didampingi Kasi Pupuk dan Pestisida, Erizon SP mengungkapkan, awal tahun belum ada distribusi pupuk dari distributor ke pengecer. Sehingga pupuk subsidi belum tersedia untuk memenuhi kebutuhan kelompok tani. (ded)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses