Puting Beliung Hantam Belasan Rumah

Puting Beliung Hantam Belasan Rumah
Sejumlah rumah warga yang rusak karena dihantam badai angin putting beliung, Senin (5/12). Foto Merly Palembang Pos
Posted by:

Termasuk Rumah Karywaan PTPN7

PAGARALAM – Bencana alam menimpah PT Perkebunan Nusantara(PTPN) 7, kelurahan Gunung Dempo Kecamatan Pagaralam Selatan (Pas). Dimana angin puting beliung  menghantam belasan rumah dan PTPN 7.

Informasi yang dihimpun,  sekitar 14 unit rumah tinggal dan bangunan atap seng milik PTPN 7, sekitar 100 meter berterbangan, setelah dihantam angin puting. Tak hanya bangunan saja, belasan pohon besar tumbang sehingga menimpa kabal listrik dan menutupi badan jalan, ranting dan batang pohon berserakan  menyebabkan terganggunya arus lalulintas.

Sebagian besar karyawan PTPN 7, yang kondisi rumahnya rusak dihantam angin puting beliung, mulai memperbaiki kondisi rumah dengan menyingkirkan batang dan ranting pohon dengan  dibantu petugas Satuan Tugas (Satgas) BPBD, PBK, TNI, Polri serta warga setempat.

Maneger PTPN 7, Ir Gery Siagian mengakui, peristiwa angin puting beliung terjadi pukul 09.00 WIB – 09.30 WIB, Senin (5/12). Akibat hantaman angin puting beliung ini, atap pabrik teh ortodok di bagian atas terbang berhamburan.

“Seumur hidup saya baru kali ini mengalami peristiwa yang sangat menakutkan,  angin puting beliung dengan kekuatan terjangan seperti serangan angin tornado membuat atap dan dinding pabrik teh ortodok di bagian atas berterbangan layaknya kertas dibawa kuatnya angun,” terangnya.

Lanjut Gery walaupun mengalami kerusakan bangunan pabrik, ia mengucupkan rasa syukur sebab tidak ada korban jiwa padahal saat itu prgawai sedang melakukan pekerjaan  didalam pabrik. “Setelah diperiksa hanya material bangunan, yang mengalami kerusakan dan tak ada korban jiwa, masih beruntung hanya bangunan saja, untungnya tidak ada yang ada dikantor sebab kantor terimpa pohon besar, “jelasnya.

Ditambahkan Gery, kejadian angin puting beliung, mengajarkan seluruh masyarakat untuk lebih ikhtiar dan tawakal. “Musibah ini mengingatkan kita selalu bersyukur dan ingat kepada sang pencipta, ” tambahnya.

Sementara, Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos melalui Kabid Kesiap siagaan Kedaruratan dan Logistik, Fidhaus mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian angin puting beliung di kawasan PTPN 7. Namun, 14 perumahan karyawan mengalami kerusakan, seperti atap seng rumah terbang, serta ada pula bagian teras rumah rusak, akibat tertimpa batang pohon tumbang.

“Saat ini cuaca sangat ekstrim ditandai angin kencang diharapkan warga tetap waspada, apabila kondisi hujan tidak perlu mendekati pohon dan bangun-bangunan sebab rawan roboh, ” himbaunya. (Cw03)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses