Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah

Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah
Posted by:

BANYUASIN – Hujan deras disertai angin puting beliung merusak ratusan rumah warga Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I, Senin (2/4/18), sekitar pukul 14. 30 WIB. Terdata 107 rumah rusak ringan dan 7 rusak berat.
‘’Cukup banyak rumah yang alami kerusakan ringan yaitu sekitar 107 rumah,” ujar Kepala BPBD dan Kesbangpol Kabupaten Banyuasin, Drs H Indra Hadi MSi melalui Kabid Kedaruratan, Pahrul Rozi didampingi Camat Banyuasin I, Noparedy, kemarin.
Masih katanya, diperkirakan kerugian bisa mencapai puluhan juta lebih. “Tapi secara pastinya belum bisa dipastikan karena masih akan dilakukan pendataan,” tukasnya.
Untuk korban jiwa, menurut Rozi, tidak ada sama sekali. “Tidak ada korban jiwa karena saat terjadi angin puting beliung warga sudah menyelamatkan diri,” pungkasnya.
Kendati mengalami kerusakan, namun para pemilik rumah masih dapat menempati kediamannya. ‘’Rusaknya hanya lepas seng, atap rumah atau dinding saja. Jadi tidak begitu menganggu aktivitas penghuni rumah,” jelasnya.
Sedangkan tujuh rumah yang alami kerusakan parah, menurut Noparedy, memang tidak dapat dihuni oleh pemilik rumah dan anggota keluarganya.”Karena kediamannya sudah roboh dan tidak bisa ditempati lagi,” katanya.
Kendati demikian, para pemilik rumah yang alami kerusakan parah tersebut, enggan menginap di posko yang sudah disediakan oleh pemkab Banyuasin. ‘’Padahal posko sudah kita siapkan, namun mereka memilih menginap di rumah sanak keluarganya yang memang berdekatan lokasinya,” ungkapnya.
Masih kata Noparedy, harapan warga yang rumahnya alami kerusakan parah yaitu pemkab Banyuasin dapat memberikan bantuan berupa rehab rumah. ‘’Itu harapan mereka,” tuturnya.
Karena bantuan berupa sembako, peralatan sekolah, selimut sudah diberikan oleh Polres Banyuasin, Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya.”Saat ini sudah mencukupi,”imbuhnya.
Noparedy menerangkan, kejadian angin puting beliung ini pertama kali terjadi di Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin. ‘’Baru kali ini saja terjadi, karena ini daerahnya bukan rawan bencana angin puting beliung,” tegasnya.
Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa sama sekali, karena saat mengetahui adanya angin puting beliung, warga langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.
Terpisah, Kabag Ops Polres Banyuasin Kompol Harris Batara SIk mewakili Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi SM Pinem SIk turut memberikan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I.
‘’Kita berikan bantuan berupa sembako, alat rumah tangga dan peralatan sekolah,” katanya. (cw01)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses