Rail Clinic Layani Pengobatan Gratis

Rail Clinic Layani Pengobatan Gratis
Posted by:

PALEMBANG- Warga yang tinggal sekitar Keramasan begitu antusias menyambangi Rail Clinic yang hadir di Stasiun Keramasan, Kamis (19/7/18). Sebab, warga yang ada di sepanjang lintas kereta api mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis menggunakan Rail Clinic tersebut.
Plt Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Suhono mengatakan, dengan hadirnya Rail Clinic untuk di wilayah Regional III Palembang tentunya menjadi salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. “Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab PT KAI untuk membantu warga yang tinggal di sepanjang jalur kereta api. Semoga bentuk bakti sosial ini dapat membantu masyarakat,” ujar Suhono saat meninjau fasilitas yang ada pada Rail Clinic, di Stasiun Keramasan.
Sementara itu, Kepala Divisi Regional III Palembang PT KAI (Persero) Hendy Helmy mengatakan, hadirnya pengobatan grtais melalui Rail Clinic ini merupakan wujud tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang jalur kereta api.
“Kereta seperti ini untuk kepentingam dinas khusus dalam bentuk pelayanan kesehatan. Program ini juga merupakan langkah kepedulian kami kepada masyarakat di sepanjang jalur rel yang ada secara bergantian. Kita bakal sambangi stasiun setiap 3 bulan sekali,” kata Hendy.
Selain pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar stasiun, kata Hendy, juga diberikan pemberian kacamata gratis bagi 50 siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 219 Karya Jaya Kertapati dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pembangunan Karya Jaya.
Bahkan, sambung dia, sebagai bentuk sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Jasa Raharja Cabang Palembang juga ikut berpartisipasi mendukung kegiatan ini dengan memberikan sebanyak 75 kacamata untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan mata.
“Bukan hanya itu, tapi juga diberikan bantuan berupa alat olahraga bagu masyarakat sebagai bentuk dukungan hidup sehat bagi warga sekitar. Kita harap masyarakat dapat memanfaatkan kereta sehat ini untuk memeriksa kesehatan secara gratis,” ungkap dia.
Menurut dia, kereta sehat yang ada di PT KAI Divisi Regional III Palembang adalah Rail Clinic generasi kedua yang dimiliki PT KAI merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan. Dimana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.
“Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan berupa pelayanan kesehatan primer. Kereta sehat ini juga dibagi menjadi beberapa baguan, yakni ruang monitoring, dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi dan ruang bersalin,” jelasnya.
Dikatakannya, pada kereta pertama, seluruh tindakan medis mukai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan. Sedangkan untuk kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan bersalin, ruang pemeriksaan umum dan edukasi, serta ruang farmasi.
“Jadi dengan kereta sehat generasi pertama sedikit berbeda. Perbedaan generasi kedua ini pemeriksaan mata sudah menggunakan alat digital dan lainnya. Dari segi desain interior, generasi kedua ini lebih minimalis,” katanya. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses