Raperda Inisiatif Dewan Diuji

Raperda Inisiatif Dewan Diuji
Posted by:

Mengenai Pengelolaan Sampah dan Perlindungan Lahan

Palembang, Palembang Pos.-
DPRD Sumsel bekerjasama dengan lembaga penelitian Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, melakukan uji publik terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD Sumsel. Kedua Raperda yang diuji tersebut adalah Raperda tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan (PLPBB) dan Raperda tentang pengelolaan Sampah.
“Berdasarkan pasal 18 ayat (6) UUD 1945 dan  UU nomor 12 tahun 2008 disebutkan, salah satu kewenangan DPRD membuat Perda bersama dengan pemerintahan daerah berazas transfaran dan terbuka. Memberikan kesempatan luas kepada masyarakat agar bisa memberikan usulan dan masukan. Sehingga kedua Raperda ini bisa efektif dan sesuai harapan masyarakat Sumsel,” kata Drs H A Iqbal Romzie, Wakil Ketua DPRD Sumsel dalam sambutannya, kemarin (24/2).
Menurut Iqbal, Raperda PLPPB bertujuan melindungi kawasan dan menjamin tersedianya LPPB serta mewujudkan kemandirian, ketahaan dan kedaulatan pangan. “Melindungi kepemilikan lahan pertanian pangan milik petani, keseimbangan ekologis dan mewujudkn revitalisasi pertanian,” Sementara, Raperda pengolaan sampah bertujuan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di semis kawasan dan menjadikan sampah sebagai sumberdaya bernilai manfaat dan bernilai ekonomi.
“Meningkatkan kerjasama dan keterpaduan stars pemda dan kabupaten/kota, pelaku usaha san masyarakat untuk berperan dalan pengelolahan sampah,” tukasnya. (del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses