Ratusan Warga Jarah Rumah Pelaku Penipuan

Ratusan Warga Jarah Rumah Pelaku Penipuan
Warga mengambil barang-barang berharga sebagai ganti uang mereka agar kembali, kemarin.
Posted by:

 

KAYUAGUNG – Meskipun modus penipuan dengan iming-iming keuntungan berlipat sudah sering terjadi dan memakan banyak korban. Namun masih ada warga yang tertipu dan masuk perangkat pelaku.

Seperti yang terjadi di Desa Batuampar Baru Kecamatan SP Padang Kabupaten OKI. Ratusan warga di sini menjadi korban penipuan yang diduga dilakukan oleh salah seorang warga setempat.

Dengan modus memberikan keuntungan berlipat  atau kredit barang dengan cepat dan murah, seorang wanita  warga setempat berinisial Yan, berhasil memperdaya warga. Namun lantaran tidak bisa memenuhi janjinya, Yan  kabur dari desa, Selasa  (28/08) pagi.

Warga yang merasa telah ditipu akhirnya  menjarah seluruh isi rumah Yan. Tidak hanya perabotan, jendela pintu serta barang-barang lainnya juga dijarah warga.

“Setelah masyarakat mengetahui Yan telah kabur subuh tadi, akhirnya masyarakat  berdatangan dan menjarah seluruh isi rumahnya,” ujar salah satu korban yang enggan disebutkan namanya.

Mendengar informasi tersebut, Kepala Desa Batu Ampar Baru, Rustam langsung datang ke lokasi rumah tersebut dan meredam massa yang hampir berbuat anarkis. Sempat terjadi dialog antara warga dan kades.

Lantaran tidak ingin membuat kesal warga yang ingin menuntut uangnya kembali, Kades  berpesan jangan sampai berbuat anarkis.

“Tidak masalah jika kalian menuntut uang kalian kembali dengan mengambil barang di rumah ini, tetapi jangan sampai melakukan pengrusakan bahkan membakar rumah ini. Bagi masyarakat yang tidak kebagian karena kalian bisa dipenjara,” ujar Kades Rustam kepada masyarakat.

Sementara, berdasar hasil pemantauan di lapangan mulai dari isi rumah hingga bola lampu, pintu, jendela dan kaca rumah milik pelaku penggadaan uang yang diketahui bernama Yan ini, habis dijarah oleh masyarakat yang menuntut uangnya kembali. Sedangkan pelaku  telah kabur subuh.

Menurut salah seorang warga, Vi, penipuan ini sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Modusnya ada yang menyimpan emas dan akan mendapatkan keuntungan hingga tiga kali lipat. Demikian juga dengan yang menanamkan uang kepada pelaku juga akan mendapatkan uang.

Awalnya memang ada warga yang mendapatkan keuntungan tersebut sehingga mulai menyebar dari mulut ke mulut hingga jumlahnya semakin banyak.

“Tidak hanya dari Kecamatan SP Padang tetapi juga dari luar seperti dari Kecamatan Kayuagung dan sekitarnya,” kata Vi.

Tidak hanya itu, modus lainnya, jika ada warga yang menginginkan motor maka memberikan uang sebesar Rp3 juta, maka akan mendapatkan motor kredit hingga lunas tidak perlu bayar.

“Jadi nanti rumah orang itu disurvei dan kredit atas nama yang bersangkutan, tetapi yang bayar kreditan hingga lunas itu adalah si pelaku,” katanya. (jem)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses