Rekam KTP El Sumsel Capai 96 Persen

Rekam KTP El Sumsel Capai 96 Persen
Posted by:

Palembang- Mempercepat pencapaian target nasional akta kelahiran dan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP-el di seluruh Indonesia, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).
Di Sumatera Selatan, pencanangan GISA pun sudah dilakukan. Bahkan, dari data semester 1 di Disdukcapil Provinsi Sumsel untuk jumlah penduduk Sumsel tercatat sebanyak 8.182.587 orang dan yang wajib KTP sebanyak 5.792.888. Dari data itu, yang sudah melakukan perekaman terdapat 5.588.972 dan 96,48 persenya sudah memiliki KTP.
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan, tingkat perekamaan di Sumsel sudah mencapai angka 96 persen. GISA sebagai gerakan yang dibangun Pemerintah bersama masyarakat untuk seluruh masyarakat sadar akan pentingnya administrasi.
“Di angka 96 persen itu, Sumsel masuk peringkat 15 besar yang sudah melaksanakan administarsi kependudukan. Jadi semua harus punya KTP. Berilah layanan kepada masyarakat dengan pelayanan yang paling baik. Semua layanan gratis, kalau ada calo silakan lapor,” tegas Zudan di sela-sela Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, di Asrama Haji Palembang, Rabu (11/7/18).
Menurut dia, saat ini pihaknya pun terus mendorong agar masyarakat memiliki dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, KTP-el, buku nikah, serta akte kematian yang di bungkus di dalam program GISA tersebut.
“Satu penduduk harus satu NIK dan satu identitas. Namun, permasalahannya saat ini masyarakat belum merasa membutuhkan administrasi kependudukan,” kata dia.
Sementara itu, Kepala Disdukcapil Provinsi Sumsel Reinhard Nainggolan menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kesadaran kepada masyarakat menuju masyarakat yang tertib kependudukan maka di launching program GISA.
Dikatakan dia, GISA ini diselenggarakan Disdukcapil Provinsi Sumsel bersama 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Tentunya dibantu tenaga ahli dari Kemendagri. Sehingga yang bisa memanfaatkan GISA ini bukan hanya warga Palembang, tapi berlaku untuk warga di Sumsel yang sedang di Palembang. Karena akan dibuka 17 gerai yang akan melanyai masyarakat.
Masih dikatakannya, GISA ini berlangsung di Asrama Haji Palembang sampai 13 Juli mendatang. Jadi di GISA ini masyarakat bisa mengurus perekamaan data, perbaharuan data, membuat akte dan lainnya. Namun diprioritaskan untuk perekama data. “Kalau soal data di semester satu jumlah penduduk Sumsel ada 8.182.587 dan yang wajib KTP 5.792.888. Untuk yang sudah melakukan perekaman ada 5.588.972 dan 96,48 persenya sudah memiliki KTP,” pungkasnya. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses