Rekrutmen PNS Disetop Sampai 2019

Rekrutmen PNS Disetop Sampai 2019
Ilustrasi tes CPNS.
Posted by:

PALEMBANG – Pemerintah kembali memperpanjang moratorium rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Bahkan, moratorium yang sudah berjalan sejak 2014 lalu ini, rencananya akan terus diberlakukan sampai tahun 2019.
Hal ini membuat masyarakat yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui jalur umum, tahun ini bakal gigit jari. Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, moratorium penerimaan CPNS yang sudah diberlakukan sejak tahun 2014 lalu, akan terus diperpanjang. Seperti yang disampaikan Fitri, seorang pegawai Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.
“Ya, sangat kecewa dengan keputusan ini. Karena, moratorium untuk Kota Palembang sebenarnya sudah cukup lama sejak tahun 2011. Apalagi, ini sampai tahun 2019. Padahal, saya sangat ingin jadi PNS karena pekerjaan ini menjamin kita sampai pensiun,” keluh dia.
Hal senada disampaikan Nia, yang menyesalkan kebijakan moratorium rekrutmen CPNS ini, dengan jangka waktu yang panjang. Padahal sepengetahuannya, jumlah kebutuhan pegawai di Indonesia, khususnya di Palembang masih kurang.
Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Kota Palembang Kurniawan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai penerimaan CPNS di tahun 2016 ini. Sejauh ini belum ada instruksi dari pemerintah pusat untuk pengadaan CPNS baik jalur umum maupun khusus di Kota Palembang.
“Kami memang belum ada informasi apakah Palembang akan ada rekrutmen PNS tahun ini. Biasanya, kalaupun ada pemerintah pusat akan memberitahukan ke Walikota maupun Sekda terkait pengadaan formasi CPNS tahun 2016 ini. Barulah akan dibahas dimana saja posisi yang dinilai masih kurang. Hingga sekarang Pemkot masih menunggu instruksi dari kantor pusat, jika ada nanti akan kita umumkan ke masyarakat,” tukasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses