Rendah, Kepercayaan Publik Terhadap Parpol

Rendah, Kepercayaan Publik Terhadap Parpol
Posted by:

*Calon Independen Diuntungkan

Palembang-
Rendahnya tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik bisa menjadi bomeerang bagi calon kepala daerah (Cakada) yang diusung Partai. Disisi lain, ini menjadi peluang bagi calon independen karena dinilai bebas dari intervensi partai, mulai sejak pencalonan dan program yang ditawarkan.
“Calon independen ini murni mewakili rakyat, sehingga kontrak politiknya dengan rakyat dan untuk kepentingan rakyat. Sehingga diyakini jika terpilih murni bekerja untuk rakyat bukan mengutamakan parpol,” kata Direktur Eksekutif Jaringan Suara Indonesia (JSI), Fajar S Tamim saat dibincangi wartawan, Jum’at (13/4/18).
Diterangkan, data survey Januari 2018 tahun ini secara nasional menunjukkan kepercayaan terhadap kinerja partai sangat rendah. Sebanyak 61 persen masyarakat menilai partai politik yang ada saat ini lebih banyak memperjuangkan kepentingan partainya sendiri untuk mendapatkan jabatan atau kekuasaan.
Sementara yang percaya bahwa parpol banyak memperjuangkan kepentingan rakyat, hanya 27, 2 persen saja. “Sisanya, 11,7 persen tidak tahu. Inilah yang saya sebut peluang karena gambaran ini juga terjadi di tingkat lokal, termasuk di kota Palembang. Ini adalah peluang besar bagi calon independen,” ungkapnya.
Sementara itu, Husyam, tim pemenangan calon walikota dan wakil walikota Palembang, M Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji (AKHOR) melihat rendahnya kepercayaan publik terhadap partai politik ini menjadi dasar bagi calon nomor urut 3 ini bergerak untuk kepentingan rakyat. Pasalnya, pasangan ini adalah satu-satunya calon yang riil mewakili koalisi rakyat.
Husyam kemudian menjelaskan, secara riil pasangan AKHOR ini sudah mendapatkan dukungan resmi dari masyarakat saat pendaftaran di KPU Palembang. Dimana, saat penyerahan mulai dari pertama daftar, kemudian perbaikan total dukungan KPT warga mencapat 203.000 dukungan.
Masih menurut Husyam, tidak saja karena faktor independen. Pasangan ini mendapatkan respon publik karena program-program yang diatawarkan pasangan ini sangat menyentuh dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti program kuliah gratis bagi warga tak mampu, PDAM gratis bagi warga kelas bawah dan hingga jawaban akan jaringan gas kota dan intensif bagi ketua RT.(del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses