Revitalisasi 10 Pasar Tradisional

Revitalisasi 10 Pasar Tradisional
Posted by:

Muba, Palembang Pos.-
Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Muba melakukan revitalisasi terhadap 10 pasar tradisional. Saat ini, kondisi tak sesuai lagi, sehingga mengganggu kenyamanan konsumen saat berbelanja.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Muba, Agendel Azim mengatakan, revitalisasi pasar perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, khususnya dalam hal kenyamanan.
“Tahun ini, kita revitalisasi 10 pasar. Diantaranya Kecamatan Plakat Tinggi, Lla, dan Tungkal Jaya,” ujarnya.
Kondisi yang tidak baik, dapat mengancam keberadaan pasar tradisional itu sendiri. Pasalnya, tanpa fasilitas representatif, pasar tradisional bisa saja semakin ditinggalkan masyarakat dengan banyaknya pasar modern.  “Kita sudah siapkan anggaran Rp17 miliar untuk merivitaliasi pasar,” ujarnya.
Dia menambahkan, tahun lalu pihaknya sudah merivitalisasi 30 pasar tradisional tersebar di seluruh kecamatan.
Setelah revitaliasi, pasar tersebut akan diserahkan kepada desa untuk dikelola langsung dan benar. Dengan begitu, pengawasan operasional pasar dapat dilakukan dengan cermat.
“Pasar yang dikelola oleh Pemkab ada 7 unit. Sisanya dikembalikan ke desa setelah revitalisasi dalam bentuk hibah untuk dikelola secara profesional,” pungkasnya.
Dengan revitalisasi tersebut, diharapkan kesan negatif pasar tradisional sebagai tempat kumuh, semrawut, kotor dapat dihilangkan menjadi tempat yang nyaman dan aman. (omi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses