Rumah Batu Tak Terawat

Rumah Batu Tak Terawat
Posted by:

LAHAT – Bicara peninggalan zaman batu besar atau megalitikum, Kabupaten Lahat tidak pernah habisnya. Salah satunya di Desa Lawang Agung Lama, Kecamatan Muara Payang, terdapat rumah batu atau warga setempat menyebutnya Batu Langgar.

Sayangnya, peninggalan zaman prasejarah ini tak terawat, berada diareal perkebunan kopi milik warga, tidak jauh dari obyek wisata air terjun Lawang Agung Lama. Rumah batu ini memiliki dua ruangan bersekat batu dengan atap batu dengan tinggi 60 cm dan panjang 2 meter tampak hampir tertimbun tanah dan tidak terawat.

Warga setempat tidak tahu persis bagaiamana terbentuknya susunan batu itu dan kapan ditemukan. “Belum ada yang berkunjung, jadi dibiarkan saja tidak terawat,” kata Kades Lawang Agung Lama, Nurian Danus.

Namun ada cerita turun temurun dikalangan warga setempat, bila ada pengunjung sembarangan berbicara di areal rumah batu itu, tidak akan tahu jalan pulang alias nyasar.

Akibatnya, banyak warga enggan mendekati rumah batu itu. “Kalau jalan kaki paling 15 menit dari jalan lintas Pagaralam-Bengkulu, jalan juga sudah rabat beton. Kita juga dapat melihat pemandangan air terjun Lawang Agung,” kata Danus.

Belum ada promosi atau pun petujuk jalan menuju ait terjun, banyak warga tidak mengetahui salah satu destinasi wisata ini. Warga sekitar juga belum menyadari peninggalan yang dimiliki itu tak ternilai harganya. “Butuh promosi dan penengalan, sekarang ini itu belum ada sama sekali,” katanya. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses