Saatnya Pengusaha Souvenir dan Kuliner Dilibatkan Asian Games 2018

Saatnya Pengusaha Souvenir dan Kuliner Dilibatkan Asian Games 2018
Posted by:

Palembang-Pelaksanaan Asian Games (AG) 2018 di Jakarta dan Palembang ini sudah semakin dekat. Berbagai persiapan terus digenjot, salah satunya usaha kecil souvenir dan kuliner.
Diharapkan dengan pelaksaanaan AG 2018 dapat membawa multiflier effect terutama bagi masyarakat kecil. Salah satu kelompok masyarakat yang mengharapkan mendapatkan berkah dari AG ini ialah kelompok pengrajin souvenir serta pelaku usaha kuliner.
Dengan jumlah tamu yang mencapai puluhan ribu orang yang datang ke indonesia merupakan potensial market bagi pebisnis kuliner serta souvenir. Bicara tentang kuliner dan souvenir Sumsel cukup kaya akan hal ini. Walaupun untuk saat ini yang terkenal dipermukaan ialah pempek dan songket, namun masih banyak lagi kuliner serta souvenir yang bisa diangkat dan menjadi produk khas AG.
Mario Andramartik selaku pengamat Kebudayaan kab Lahat ketika ditemui media ini di salah satu hotel di Palembang mengatakan bahwa Sumsel harus “menjual” budaya dalam AG nanti. Disebutkannya, ada banyak makanan olahan yang bisa dikemas secara menarik, serta souvenir yang tidak mesti berbahan songket. “Kelemahan utama produk kita adalah packing yg kurang menarik,” jelasnya.
Dilanjutkan Mario, hal ini bisa diatasi dengan memberikan pelatihan bagi para pelaku industri ini dengan mendatangkan pihak yang berkompeten. Mario berharap pihak yang terlibat dalam AG ini dapat menghimpun pelaku industri kuliner serta souvenir. Mario sendiri mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa kuliner khas Sumsel seperti lempok durian, kopi khas Lahat, serta souvenir berbentuk megalitikum Lahat.
Di tempat terpisah kornas gemilang AG 2018 Yusma Reza Zaini sangat menyambut baik harapan dari Mario tersebut.
Reza yang dihubungi koran ini sedang berada di Jakarta mengatakan pelaku industri kuliner dan souvenir wajib hukumnya dilibatkan. Dengan catatan produk yang dihasilkan diharapkan sesuai dengan ekspektasi pasar dalam hal ini atlet official serta suporter dari negara lain. “Kita wacanakan akan memberi pelatihan untuk pelaku industri tersebut,” tandasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses