Sampah Timbulkan Bau Tak Sedap

Sampah Timbulkan Bau Tak Sedap
Sampah  yang mumpuk di pinggir jalan Desa Sukamenang Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, karena tidak diangkut petugas kebersihan, Rabu  (17/1/2018).
Posted by:

MURATARA – Sampah rumah tangga di Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara kian hari semakin menumpuk. Pasalnya tidak diangkutnya oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP). Padahal, DLHP sudah menerbitkan surat pemberitahuan jadwal pengangkutan sampah pada tanggal 25 September 2017. Namun hingga kini, warga Desa Sukamenang mengaku belum pernah melihat mobil pengangkut sampah datang ke desanya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

Kepala Desa Sukamenang, Jamel menyatakan, memang sudah ada surat jadwal pengangkutan sampah khusus di Kecamatan Karang Jaya, yakni setiap hari Kamis pukul 07:30 WIB sampai dengan 16:30 WIB. Dalam surat itu juga masyarakat dihimbau untuk mengemas sampah dalam karung sebelum membuang ke tempat pembuangan sementara serta tidak membuang sampah di sungai atau di pinggir jalan.

Namun demikian pihaknya mempertanyakan perihal jadwal tersebut, sebab hingga saat ini sampah-sampah yang sudah dikumpulkan warga tak kunjung diambil oleh petugas. “Apalagi sampah yang sudah menumpuk mengeluarkan aroma tak sedap. Oleh sebab itu dirinya meminta agar dinas terkait mengirimkan petugas untuk aktif mengambil sampah di desanya,”ungkapnya.

Terpisah, Bambang (36) warga setempat mengatakan, dirinya belum pernah melihat mobil kebersihan dari DLHP datang mengambil sampah-sampah yang ada di desanya. “Sesuai yang diumumkan oleh pak Kades agar tidak membuang sampah di sungai, tapi sampah yang kami kumpulkan ini tak diambil-ambil, jadinya menumpuk dan berbau busuk, kami berharap segera diambil,” pungkasnya. (lam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses