Satu ABK Hilang

Satu ABK Hilang
Posted by:

Dalam kecelakaan dialami Kapal Motor (KM) Kayung Utara milik PT ALP tak jauh dari Pelabuhan Tanjung Api-Api Kecamatan Tanjung Lago, 30 penumpang selamat. Sedangkan, satu anak buah Kapal (ABK) dinyatakan hilang.
Informasi dihimpun, kecelakaan tunggal bermula saat kapal dari Pelabuhan Bangka hendak bersandar di dermaga Tanjung Api-api. Belum tahu kepastian apa sebab kecelakaan itu, namun diduga kecelakaan disebabkan air laut yang tengah mengalami surut.
Dijelaskan dia, kapal tersebut membawa penumpang sebanyak 31 orang. 30 orang dinyatakan selamat dari insiden itu, namun 1 ABK atas nama Hanafi (20) dinyatakan hilang. Tim gabungan tengah melakukan pencarian terhadap korban yang hilang itu.
“Masih dilakukan pencarian apakah memang hilang atau selamat kita belum bisa memastikan. Kapal itu memang dalam pelayaran hendak ke dermaga TAA. Tapi belum sempat datang air Laut surut dan ABK memasang jangkar namun kapal langsung terbalik,” jelas dia.
Dijelaskan dia, puluhan penumpang kapal itu berhasil diselamatkan oleh sejumlah penumpang yang ada di dermaga itu. “Dari laporan kapal itu dinakhodai oleh Ahmad W Hurry P riyoto. Tim gabungan masih melakukan pencurian terhadap korban yang hilang itu,” beber dia.
Dijelaskan dia, selain mengangkut 31 orang penumpang, kapal itu juga mengangkut kendaraan roda empat jenis truk PS sebanyak 9 unit, kendaraan pribadi 1 unit. Kapal itu berangkat dari pelabuhan Bangka menuju Pelabuhan Tanjung Api-api.
“Kapal belum sempat datang ke Pelabuhan Tanjung Api-api lantaran air surut. Jadi ABK melepaskan jangkar. Sekitar pukul 17.00 WIB, penyebab kapal terbalik dan masih diselidiki penyebabnya. Para penumpang ini melompat dari kapal dan diselamatkan kapal lainnya,” jelas dia lagi.
Kata dia untuk 10 unit kendaraan masih berada didasar laut belum dilakukan evaluasi. “Kasus ini masih dalam penyelidikan DitPolairud Polda Sumsel dan Sat Polairud Polres Banyuasin. Kami mohon doanya semoga penumpang cepat ditemukan,” pungkas dia. (her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses