SDN 179 Buka Ekskul Angklung

SDN 179 Buka Ekskul Angklung
Puluhan siswa/i SDN 179 melakukan pertunjukan kesenian angklung saat pelepasan siswa kelas VI dihadapan para orang tua. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Angklung bukan hanya alat musik, melainkan juga sebagai alat musik pendidikan. Bermain angklung itu saling membutuhkan, kerja sama dan saling mengerti. Sebagai permainan tradisonal, SDN 179 bakal membuka ekskul angklung sebagai ekskul kesenian yang menarik dan menyenangkan bagi anak didiknya.

Saat dibincangi disela kegiatan pelepasan siswa/i kelas VI, Sabtu (21/5), Kepala SDN 179 Palembang Maulina mengatakan saat ini kita ada ekskul kesenian baru yang bernama angklung yang dijadikan mulok di sekolah, pelajar akan mempelajari titik laras nada pentatonik. Sebab angklung bukan hanya untuk hiburan tetapi juga sebagai alat pendidikan di sekolah. Bahkan angklung dapat dikolaborasikan dengan berbagai alat musik tradisional lain maupun modern. “Angklung sangat cocok bagi pelajar di sekolah, karena dengan belajar angklung siswa tidak akan mudah marah, bisa bekerjasama dan saling membutuhkan,” katanya.

Kedepan pihaknya akan mengambil pelatih yang memang mempunyai basic ke angklung, sedangkan untuk latihan siswa akan dilaksanakan satu minggu itu dua kali pertemuan, sebab yang dilatih itu anak kelas tiga sampai kelas lima saja. “Siswa yang tergolong dalam kelompok ekskul angklung ini saat ini tercatat 42 siswa, diharapkan adanya kesenian angklung di SDN 179 ini, pemerintah Kota dan pemerintah Provinsi dapat mengambil siswa/i kami tersebut, untuk bisa tampil di even-even baik tingkat kota, nasional bahkan internasional,” bebernya.

Sementara itu, Kasi Tendik Dareni mengatakan harus diakui bahwa globalisasi memberikan pengaruh besar bagi tata nilai dan tradisi bangsa Indonesia. Tentu akan sangat berpengaruh terhadap karakter cinta tanah air bangsa, khususnya generasi muda yang lebih mengenal dan mencintai budaya asing dibandingkan dengan budaya sendiri. “Kegiatan ekstrakurikuler angklung merupakan sarana pengembangan dan pembentukan karakter siswa dalam meningkatkan rasa cinta tanah air,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses